iklan atas

Cara Budi Daya Jagung, Kenali Kunci Keberhasilannya



Jagung adalah makanan pokok pengganti nasi yang enak dan menyehatkan tentunya. Banyak yang menggunakan jagung untuk dijadikan camilan. Camilan dari jagung yang paling populer adalah popcorn. Anda bisa berkreasi sendiri menggunakan jagung, jika Anda punya tanaman jagung sendiri. Dari pada membeli, lebih baik pelajari cara budi daya jagung berikut ini.

Menanam jagung, punya manfaat tersendiri dari segi kesehatan. Menanam jagung, dinilai sebagai aktivitas yang menyenangkan dan menyehatkan tubuh karena membutuhkan tenaga dalam melakukannya. 

Selain itu, tanaman jagung merupakan tanaman musim panas. Ketika Anda menanam jagung, sudah pasti Anda melakukannya saat musim panas. Dengan begitu, tubuh Anda lebih sering terpapar sinar matahari dan memperoleh vitamin d dari sang surya.

Anda yang berniat budi daya jagung untuk mengisi kekosongan waktu dan memanfaatkan lahan yang terbengkalai, berikut adalah langkah-langkahnya. 

Cara Budi Daya Jagung

Untuk budi daya tanaman jagung, ada baiknya menggunakan lahan yang luas untuk hasil lebih maksimal. Pasalnya, jagung adalah tanaman yang hanya butuh waktu 60 sampai 100 hari dan akhirnya mencapai masa panen. 

Sebenarnya dipengaruhi oleh suhu selama musim tanam juga. Suhu yang baik untuk melakukan budi daya tanaman jagung ini ada di suhu 16 sampai 35 derajat celsius selama musim panas. Jadi, akan sangat rugi jika tidak memanfaatkan musim panas untuk melakukan budi daya tanaman yang satu ini.

Budi daya jagung, dimulai dengan pemilihan benih berkualitas. Benih berkualitas untuk tanaman jagung, dapat dikenali dengan ciri fisiknya. Ciri fisik itu di antaranya benih jagung harus berisi dalam artian tidak ringan. Tidak berlubang dan memiliki warna yang cerah.

Bibit juga harus sesuai dengan jenis jagung apa yang ingin Anda budidayakan. Jagung yang cenderung dibudidayakan adalah jagung manis, jagung hibrida, dan jagung kristal. Anda yang masih bingung, mau membudidayakan jagung jenis apa, bisa melihat pembahasan berikut dari ketiga jenis jagung tersebut di bawah ini.

Teknik Budidaya Jagung Manis

Budidaya jagung manis, harus benar-benar dilakukan secara serius. Jagung manis akan sangat mudah terkena serangan hama dan penyakit, sehingga perawatannya harus benar-benar maksimal.

1. Lakukan Pengolahan Lahan

Lahan yang paling bagus untuk ditanami jagung adalah lahan bekas sawah. Jika tidak, Anda juga bisa menggunakan lahan kosong dengan catatan Anda membuatkan bedengan. Bedengan usahakan sudah Anda lakukan pencampuran dengan pupuk terlebih dahulu sebelum melakukan penanaman benih. 

Pupuk yang digunakan adalah pupuk organik. Lebih bagus lagi, gunakan tambahan kotoran ayam untuk hasil yang lebih maksimal.

2. Lakukan Penanaman dan Perawatan

Untuk penanaman jagung manis, cukup sederhana. Buatlah lubang pada bedengan sedalam 3-4 cm. Kemudian masukkan benih jagung sebanyak 3-4 butir, kemudian tutup menggunakan tanah atau pupuk kompos.

Beri jarak dari lubang satu, ke lubang yang lain. Ini bertujuan untuk mendapatkan hasil tumbuh jagung yang lebih maksimal. Jagung sulit berkembang, jika berdempetan dengan jagung yang lain.

Ada pun perawatannya, lakukan penyiraman pagi dan sore hari secara berkala. Tujuannya untuk mempercepat proses perkecambahan jagung. Umumnya jagung mulai berkecambah 7-14 hari lamanya. Sebelum hari itu, lakukan perawatan secara intens.

Budidaya Jagung Hibrida

Tidak ada perbedaan yang signifikan antara budi daya jagung hibrida dengan jagung manis. Mulai dari persiapan lahan, cara menanam, perawatan, sampai panen.

Cara menanam jagung hibrida adalah dengan membuat lubang sedalam 2-3 cm. Kemudian masukkan benih jagung hibrida berkualitas. Dalam satu lubang, ada baiknya dihuni oleh 3-4 benih. Beri jarak antara lubang satu dengan lubang lainnya.

Perawatannya pun begitu. Jagung hibrida harus disiram pagi dan sore secara berkala. Untuk mempercepat tunas jagung tumbuh.

Budidaya Jagung Kristal

Budidaya jagung kristal, mirip dengan budidaya jagung sebelumnya yakni jagung manis dan jagung hibrida.

Namun, Budi daya jagung untuk jenis jagung kristal ada perbedaan dari segi perawatannya. Penyiraman jagung kristal, ada baiknya tidak menggunakan sistem guyur. Lebih baik menggunakan sistem leb atau menggunakan pembanjiran lahan. Pembanjiran lahan ini, dilakukan sebanyak 2-3 kali setiap minggunya. 

Selain dari segi perawatan, jagung kristal juga punya perbedaan dari segi perlakukan benih. Sebagai saran, benih jagung sebelum ditanam, rendam terlebih dahulu menggunakan air cucian beras selama 3 jam. Ini berguna untuk merangsang pertumbuhan benih jagung, agar jagung lebih cepat bertunas.

Jika Anda melakukan Budidaya jagung kristal untuk dijual, ada baiknya Anda tidak terlalu memberi jarak terlampau jauh antara lubang benih satu dengan yang lainnya. Tujuannya apa? Agar Anda mendapatkan hasil panen yang banyak. Pasalnya, jagung kristal mempunyai bulir yang kecil. Berbeda dengan bulir jagung dari jagung manis dan jagung hibrida.

Terakhir, seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa jagung rentan terserang hama. Cara sederhana untuk mengendalikan hama jagung adalah dengan pemantauan secara berkala. Bisa juga dengan melakukan pengasapan. Anda menyebarkan asap pada tanaman jagung Anda untuk mengusir hama pengganggu.

Nah, itulah tadi pembahasan mengenai Budi daya jagung. Sebagai kesimpulan, masa budi daya jagung yang cepat berakhir, mengharuskan Anda memanfaatkannya semaksimal mungkin. Hasil produksi, tergantung dari seberapa giat Anda. Juga bergantung pada cara menyikapi tanaman jagung. Apakah Anda merawatnya dengan baik, apakah Anda menggunakan benih berkualitas, dan lain sebagainya. Terutama pada benih, harus benar-benar diperhatikan. Benih menjadi faktor utama keberhasilan budi daya. 


Belum ada Komentar untuk "Cara Budi Daya Jagung, Kenali Kunci Keberhasilannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel