iklan atas

Pengertian dan Contoh Strategi Pemasaran 4p Menurut Para Ahli




Pada 1950-an, Neil Borden memperkenalkan strategi pemasaran atau 4P pemasaran yang mencakup lebih dari 10 elemen pemasaran. Dasar di antara mereka adalah strategi pemasaran 4P.

Pada 1960-an, Jerome McCarthy mengembangkan Model 7P yang menyempurnakan aspek pemasaran yang paling penting. Seiring waktu, banyak P telah mengkristal menjadi 5P, 8P, dll.

Strategi pemasaran 4P adalah model pemasaran yang paling murni dan mendasar. Setiap model pemasaran lainnya adalah modifikasi atau perluasan dari 4P asli. Oleh karena itu, ini adalah dasar dari segala jenis pemasaran.

Apa itu Marketing Mix atau Strategi Pemasaran?

Tujuan utama pemasaran adalah membuat pelanggan Anda mengetahui produk Anda dan membelinya. Strategi pemasaran merupakan seperangkat faktor yang bisa digunakan oleh perusahaan-perusahaan untuk membuat konsumen membeli produknya.

Seperti kata pepatah, ini adalah kombinasi dari banyak alat pemasaran. Peran eksekutif pemasaran adalah untuk mempersiapkan kombinasi yang bekerja sangat baik untuk audiens dan produk tertentu.

Di dunia pemasaran, 4P mengacu pada serangkaian kategori yang membantu organisasi memutuskan apa yang akan dijual kepada konsumen. Produk mengacu pada barang dan jasa berwujud yang dijual.

Harga mengacu pada berapa banyak pelanggan membayar untuk produk atau layanan. Promosi mengacu pada cara produk disajikan. Dan Tempat mengacu pada tempat produk dijual. Taktik pemasaran untuk produk manufaktur akan berbeda dengan produk jasa.

Siapa yang menemukan strategi pemasaran 4p?

Neil Borden adalah orang pertama yang mempopulerkan konsep strategi pemasaran pada 1950-an. Ia mendefinisikan eksekutif pemasaran sebagai gabungan bahan-bahan untuk membuat sebuah resep untuk menjual produk. Kemudian, E. Jerome McCarthy lebih jauh mengelaborasi konsep pemasaran 4P dari ide-ide Borden.

McCarthy menjelaskan bahwa empat faktor akhir yang tersedia untuk membentuk strategi pemasaran yaitu produk, harga, promosi, dan tempat. Pemilihan di antara faktor-faktor ini menjadi masalah yang berhubungan dengan total kontrol dari 4P. McCarthy juga menceritakan bagaimana per

Strategi Pemasaran 4p Menurut Para Ahli

Para ahli telah menggambarkan strategi pemasaran dalam banyak cara. Beberapa ahli telah memberikan definisi mereka sendiri tentang strategi pemasaran. Berikut adalah beberapa penjelasan yang paling umum.

Kotler (1997) mendefinisikan strategi pemasaran 4P sebagai alat pemasaran yang dapat dikendalikan oleh perusahaan. Komponen-komponennya adalah 4P, yaitu produk, harga, tempat distribusi, dan promosi, yang digabungkan oleh perusahaan untuk mencapai target pasar yang diinginkan.

Soham dan Soeprihanto (2010) mendefinisikan pemasaran 4p sebagai kombinasi dari variabel inti dari sistem pemasaran, termasuk produk, harga, promosi, dan distribusi oleh perusahaan untuk mempengaruhi respon konsumen.

Buchari Alma (2005) mengatakan bahwa 4P pemasaran adalah strategi untuk menggabungkan berbagai kegiatan pemasaran sehingga Anda dapat memaksimalkan hasil Anda.

Pentingnya Strategi Pemasaran 4P

Dasar-dasar pemasaran berdasarkan 40 Prinsip Pemasaran akan memberi manfaat untuk meningkatkan kesuksesan Anda.

  • Menciptakan Sinergi
    Strategi pemasaran 4P: Produk, Harga, Promosi dan Tempat. Ketika dikombinasikan dengan hati-hati, ini menciptakan koordinasi sinergis yang memberikan promosi yang tepat untuk produk yang tepat.

  • Loyalitas Dan Nilai Merek
    Sepenuhnya berfokus pada pelanggan dan kebutuhan mereka, produk ini akan menghasilkan kesadaran merek dan loyalitas yang baik di mata konsumen.

  • Berfungsi Untuk Mendekatkan Pelanggan
    Fitur produk, harga, dan lokasi adalah semua pertimbangan yang mempertimbangkan harapan pelanggan. Aspek promosi akan di berikan kepada pelanggan Anda dan apa yang ditawarkan perusahaan, dengan begitu akan memposisikan produk dengan lebih baik. Pada akhirnya akan terjalin hubungan yang baik antara konsumen dengan organisasi bisnis Anda.

  • Integrasi Yang Tepat
    Strategi pemasaran 4P membutuhkan pemikiran dan persepsi kritis. Ketika digabungkan dengan benar, produk Anda akan menemukan tempat yang unik di benak pelanggan.

  • Panduan Dalam Mengambil Keputusan Yang Tepat
    Ketergantungan dan sifat holistik antara satu elemen dan elemen lainnya memandu pengambilan keputusan Anda.

    Misalnya: jika produk Anda mahal, maka dalam kegiatan promosi Anda harus menargetkan pelanggan kaya, dan desain produk Anda harus didasarkan pada kualitas. Juga, ini akan memandu keputusan distribusi dan lokasi Anda.

  • Volume Penjualan Lebih Tinggi
    Hasil dari semua upaya itu adalah kepuasan pelanggan yang lebih tinggi dan pangsa pasar yang lebih besar yang diperburuk dengan peningkatan penjualan.

Contoh Strategi Pemasaran 4p

Setelah Anda memahami apa itu strategi pemasaran dan bagaimana cara kerjanya, mungkin sebagian dari Anda masih bertanya-tanya bagaimana cara menerapkannya dalam bisnis Anda. Berikut adalah strategi pemasaran 4p dan contohnya yang bisa Anda jadikan sebagai menjadi referensi.

1. Perusahaan Jasa

Bila melihat unsur-unsur strategi pemasaran, proses ini biasanya lebih umum digunakan pada bisnis yang menawarkan produk fisik. Namun, Anda juga dapat menerapkannya pada bisnis berbasis layanan.

Untuk perusahaan jasa, strategi pemasaran adalah seperangkat alat yang digunakan perusahaan untuk mempromosikan bisnisnya. Gojek adalah contoh penyedia layanan yang bagus. Produknya adalah layanan itu sendiri.

Sasaran dari promosi ini adalah untuk memperkenalkan layanan online ride-hailing. Dengan demikian, distribusi dan promosi dilakukan melalui media digital. Poin-poin ini bertindak sebagai implementasi dari elemen tempat dan promosi.

Gojek menawarkan kisaran harga tergantung jenis mobil dan jarak tempuh. Ada tiga elemen lain yang terkait dengan Gojek itu sendiri dan orang-orang yang terlibat.

2. Barang atau Produk

Samsung adalah contoh yang sangat baik dari sebuah perusahaan dengan strategi produk yang terdiri dari banyak perangkat berteknologi tinggi. Semua orang tahu bahwa Samsung adalah produsen utama elektronik konsumen, termasuk ponsel dan peralatan elektronik lainnya.

Samsung menawarkan berbagai macam produk, yang dapat menjadi cara bagi mereka untuk menarik pasar yang besar dan bervariasi dengan kebutuhan yang berbeda.

Samsung memiliki basis pelanggan yang beragam, oleh karena itu distribusi dan promosi mereka dilakukan melalui media yang berbeda. Tiga elemen lainnya terkait dengan perusahaan itu sendiri dan karyawannya.


Belum ada Komentar untuk "Pengertian dan Contoh Strategi Pemasaran 4p Menurut Para Ahli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel