iklan atas

Strategi Marketing Mix 7P, Pengusaha Makanan dan Minuman Wajib Tahu!



Bauran pemasaran atau marketing mix 7P adalah strategi yang mengintegrasikan efektifitas 7 unsur pemasaran untuk memaksimalkan keuntungan perusahaan. Tujuh unsur tersebut meliputi product, price, place, promotion, people, physical evidence dan process. 

Konsep ini merupakan penyempurnaan dari strategi pemasaran 4P, yang mencakup elemen price, product, place dan promotion. Penambahan 3 unsur P dicetuskan oleh dua pakar pemasaran, Boom & Bitner pada tahun 1981 untuk merespon perkembangan dunia bisnis.

Unsur-Unsur Marketing Mix 7P 

Konsep buaran pemasaran 7P terbukti ampuh membantu meningkatkan target penjualan dan mencapai tujuan perusahaan. Berikut ini penjelasan mengenai elemen-elemen pemasaran yang terangkum dalam 7P.

1. Product (Produk atau Jasa)

Produk tidak selalu berwujud barang yang memiliki bentuk fisik. Di era digital, produk dapat berupa jasa atau berbentuk produk virtual seperti situs/website, aplikasi, perangkat lunak, dan lain sebagainya.

Untuk menciptakan produk yang mempunyai nilai jual tinggi, pengusaha perlu melakukan riset terhadap pasar dan kompetitor. Pelaku usaha harus melakukan survei permintaan terhadap produk dan juga menentukan segmen pasar yang akan dituju. Hal ini untuk memastikan produk yang dibuat sudah tepat dan dibutuhkan konsumen

2. Price (Harga)

Harga adalah sejumlah uang yang dikeluarkan konsumen untuk membeli sebuah produk. Untuk menentukan nominal harga sebuah produk diperlukan kalkulasi yang tepat agar tidak menimbulkan dampak negatif bagi perkembangan usaha.

Survei harga di pasaran untuk mematok harga yang tidak terlalu tinggi atau pun terlalu rendah. Pertimbangkan juga break even price (BEP) atau harga terendah suatu produk yang tidak mengakibatkan kerugian bisnis.

 3. Place (Lokasi)

Unsur marketing mix 7 P yang ketiga adalah lokasi yang merujuk pada tempat usaha atau aktifitas bisnis berlangsung. Termasuk dalam klasifikasi tempat adalah saluran distribusi, cakupan area, lokasi, persediaan, dan transportasi.

4. Promotion (Promosi)

Promosi merupakan elemen pemasaran yang penting untuk memperkenalkan produk kepada konsumen agar tertarik untuk melakukan pembelian. Sekarang ini banyak media promosi yang dapat dijadikan pilihan, di media mainstream ataupun media sosial.

5. People (Orang atau SDM)

Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan unsur penting dalam strategi buaran pemasaran 7 P. Kualitas SDM menentukan maju atau mundurnya sebuah perusahaan. Tidak heran jika banyak perusahaan berlomba mencari kandidat karyawan terbaik.

 6. Physical Evidence (Kemasan atau Tampilan Fisik)

Pengertian kemasan sangat luas bukan sekedar bungkus produk saja. Kemasan dapat berarti logo, gedung/bangunan tempat bisnis atau perusahaan, seragam, perilaku karyawan bahkan tampilan website perusahaan.

7. Process (Proses)

Unsur terakhir dalam marketing mix 7P yaitu proses. Proses di sini merupakan prosedur perusahaan dalam melayani permintaan setiap konsumen nya. Kunci dari proses adalah konsistensi menerapkan prosedur layanan. 

Contoh Marketing Mix 7P Bisnis Makanan

Agar lebih memahami aplikasi dari buaran pemasaran, berikut ini contoh marketing mix 7P Makanan Sushi Crab:

Brand: Sushi Crab

Kategori: Makanan

Target Market: Mahasiswa kampus B

  1. Product: Sushi kemasan dengan rasa crab/kepiting yang sehat dan bergizi, ditambah mayones sebagai pelengkap.

  2. Price: Penetapan harga disesuaikan dengan target pasar sebagai strategi untuk mendapatkan perhatian dari konsumen. Karena sebagian konsumen adalah mahasiswa, maka harga produk yang ditetapkan Rp. 10.000/ porsi. 

  3. Place: Saluran distribusi yang digunakan adalah personal selling yaitu menginformasikan produk secara langsung kepada konsumen dengan mengunjungi setiap kelas yang berada di area kampus B. 

  4. Promotion: Promosi “Sushi Crab” melalui bantuan media sosial (advertising) dan personal selling. Media sosial yang dipakai adalah Instagram yang berisi informasi produk, dan personal selling yang akan disebarkan ke konsumen di beberapa kelas yang ada di kampus B yang menjadi sasaran pemasaran. 

  5. People: Penjual Sushi Crab selalu bersikap ramah dan sopan. Mengutamakan kenyamanan dan kepuasan konsumen. 

  6. Physical Evidence: Satu porsi Sushi Crab dikemas dalam mika berukuran 10x7cm. Isinya 4 potong sushi dan sebungkus kecil mayones.

  7. Process: Proses produksi dan distribusi Sushi Crab memiliki standar tersendiri untuk menciptakan produk yang berkualitas. Pada proses produksi, Sushi Crab membeli bahan baku setiap hari agar produk tetap segar.

Contoh Marketing Mix 7P Minuman

Brand: Freshton Milk

Kategori: Minuman 

Target Market: Semua kalangan 

  1. Product (produk): Susu biji nangka dengan merk Freshton Milk. Susu biji nangka memiliki nilai gizi tinggi dan diolah secara higienis. 

  2. Price (harga): Penetapan harga jual sari biji nangka  menggunakan  metode  mark-up  sebesar  30%,  dengan  harga  jual sebesar Rp2.900 per kemasan dan dengan berat bersih 250 ml/botol dalam jangka waktu 1 bulan

  3. Place (distribusi) Lokasi produksi berada di rumah karyawan yang dekat dengan pasar. Hal ini memudahkan untuk mendapatkan bahan baku yang masih segar dan berkualitas.  Untuk pendistribusian produk produsen langsung ke konsumen dengan menggunakan sampel penjualan. Sampel disertai dengan kuesioner untuk mengetahui penilaian produk dari konsumen.

  4. Promotion (promosi):  Menggunakan strategi personal selling, promosi melalui media sosial, komunikasi seluler dengan pelanggan dan mengikuti pameran. 

  5. People (SDM)Usaha ini melibatkan 2 orang karyawan, masing-masing karyawan memiliki bagian dan tanggung jawab sesuai dengan keahliannya seperti gizi dan pemasaran 

  6. Physical Evidence (kemasan) Freshton Milk dikemas dalam botol plastik ukuran 250 ml/botol. Produk ini telah menjalani proses produksi yang sesuai standar kualitas sehingga menghasilkan produk yang bermutu.

  7. Process (proses) Freshton Milk memiliki standar dalam proses produksi dan distribusi untuk menciptakan produk yang berkualitas. Bahan bakunya dijamin fresh dalam pengolahannya sesuai standar kesehatan.

Penerapan marketing mix 7P untuk bisnis makanan dan minuman terbukti efektif meningkatkan penjualan. Selain itu bauran pemasaran juga dapat meningkatkan branding produk.


Belum ada Komentar untuk "Strategi Marketing Mix 7P, Pengusaha Makanan dan Minuman Wajib Tahu!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel