iklan atas

Mengenal Cara Budi Daya Pisang dan Analisis Bisnisnya



 Pisang adalah salah satu buah yang paling banyak penggemarnya di Indonesia. Sebab, pisang mudah dibuat berbagai macam olahan. Mulai dari olahan sederhana seperti pisang goreng, sampai olahan unik seperti nugget pisang dan lain sebagainya. Dengan banyaknya pencinta buah yang satu ini, sehingga budi daya pisang, penting untuk dilakukan.

Untuk perkara bisnis, dengan membudidayakan tanaman pisang, mampu memberikan penghasilan yang cukup besar. Tergantung dari jenis pisang apa yang dibudidayakan. Ada jenis pisang yang apa bila dibudidayakan, dapat mendatangkan keuntungan yang standar dan ada juga jenis pisang yang bila dibudidayakan punya keuntungan yang besar.

Untuk Anda yang ingin membuka bisnis dengan budi daya pisang, pisang yang paling cocok adalah Pisang Cavendish.

Budidaya Pisang Cavendish

Pisang Cavendish adalah jenis pisang yang punya komoditas buah tropis yang populer di kalangan masyarakat. Pisang ini juga dikenal sebagai Pisang Ambon Putih. Pisang ini, menjadi sangat diminati di kalangan masyarakat karena punya cita rasa yang khas dan berbeda dengan jenis pisang yang lain. 

Ini tentu akan menjadi peluang yang sangat baik untuk membuka bisnis berkaitan dengan Pisang Cavendish ini. Anda yang tertarik untuk merintis usaha berkaitan dengan Pisang Cavendish, berikut adalah cara budi daya pisang.

1. Pemilihan Bibit yang Berkualitas

Pilih bibit atau tunas dari pohon Pisang Cavendish yang menghasilkan buah berkualitas. Harapannya, agar nanti dalam proses penanaman, Anda mendapatkan kualitas buah yang sama dengan buah pohon pisang yang Anda jadikan bibit.

2. Penyiapan Lahan

Buatlah bedengan dengan tujuan mencegah terjadinya penggenangan air. Jika ada yang air yang tergenang di area lahan, itu menyebabkan tunas pisang dapat membusuk.

Dengan begitu kamu harus memperhatikan sekitar tunas dan memastikan tidak ada genangan air akibat hujan ataupun bekas penyiraman.

3. Lakukan Pemupukan, Sebelum Penanaman

Di atas bedengan, buatlah lubang se dalam kurang lebih 40 cm. Untuk pembuatan lubang Pisang Cavendish, baiknya berjarak 3-4 meter dari lubang satu, ke lubang lainnya. 

Untuk pemupukan, Anda bisa menggunakan pupuk NPK, Puradon, dan pupuk kandang. Gunakan satu sendok pupuk NPK dan Puradon, di lanjut dengan 2 kg pupuk kandang. Campur menjadi satu dalam satu lubang. Setelah itu biarkan selama 2 minggu sebelum proses penanaman.

4. Penanaman

Penanaman dimulai dengan memasukkan tunas pisang pilihan ke lubang dengan posisi akar harus menyentuh tanah.

Kemudian siram air secukupnya hingga tanah terlihat basah. Jangan terlalu banyak, karena bisa mengakibatkan perkembangan tidak maksimal akibat kandungan air yang berlebih.

5. Perawatan

Perawatan dimulai dengan pemberian pupuk organik setelah satu bulan penanaman Pisang Cavendish. Setelah itu, lakukan pemotongan pada pelepah yang mengering. Lakukan penyiraman secara berkala yakni waktu pagi dan sore. Terakhir, buanglah buah pisang yang tumbuhnya cacat atau tidak sempurna.

6. Pemanenan

Proses pemanenan dapat dilakukan setelah pohon berusia 12-13 bulan tergantung cuaca saja. Jika kemarau, panen bisa dilakukan tiap 80 hari sekali. Sebaliknya, jika musim penghujan, panen hanya bisa dilakukan sekitar 120 hari sekali.

Analisis Budidaya Pisang Cavendish untuk Peluang Bisnis

Berhubung Pisang Cavendish adalah jenis pisang yang punya komoditas buah tropis yang populer di kalangan masyarakat. Jadi, akan sangat rugi jika tidak memanfaatkan hal ini sebagai peluang bisnis.

Anda bisa merencanakan peluang bisnis Pisang Cavendish ini. Anda yang masih bingung harus memulai dari mana, berikut adalah analisis budidaya Pisang Cavendish untuk keperluan bisnis.

1. Awali dengan Perencanaan

Dalam perencanaan sendiri, Anda bisa memulainya dengan mengenali berbagai macam varietas pisang yang akan Anda budidaya kan. Anda bisa menggali lebih dalam lagi seluk beluk tentang Pisang Cavendish, agar Anda punya pemahaman dasar seputar pisang tersebut.

Setelahnya, Anda bisa menganalisis untuk kebutuhan produksi. Jabarkan proses penanaman sampai dengan pemanenan. Dalam sebulan target Anda berapa. 

Dilanjut dengan penyiapan modal. Sebelum memulai bisnis, tentu modal akan sangat penting. Gunakan modal yang sesuai dan catat setiap pengeluaran.

2. Mulai Berbisnis

Jika budidaya Pisang Cavendish Anda sudah besar, tentu sudah bisa mulai berbisnis. Anda bisa memulainya dengan menjual pisang pada komoditas yang besar untuk diolah. Atau Anda bisa juga membuat olahan yang membutuhkan Pisang Cavendish sebagai bahan bakunya.

Anda juga harus menyisihkan uang untuk keperluan mendadak. Keperluan mendadak ini, seperti untuk pembelian racun hama jika pisang Anda terserang hama.

Biaya operasional bulanan juga harus selalu terkontrol. Misal untuk pembelian pestisida, pupuk, biaya transport, dan lain sebagainya.

Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa menerapkan budidaya pisang 40 hari. Pisang Cavendish sendiri, bisa Anda budidaya kan selama kurun waktu 40 hari. Asalkan perawatan harus dilakukan secara intens dan menggunakan pupuk yang berkualitas tinggi.

Ini tentu akan sangat berguna untuk meningkatkan produksi dalam waktu dekat. Selain perawatan, Anda juga harus memperhatikan kualitas buah pisang. Lakukan pengecekan buah pisang yang tidak tumbuh sempurna. Kemudian buang pisang yang tidak tumbuh sempurna tersebut, agar tidak menghambat pertumbuhan pisang yang lain.

Terakhir, sebagai kesimpulan jangan menyerah dan tetaplah pada satu tujuan. Terkadang, dalam merintis sebuah usaha yang menjadi tantangannya adalah diri kita sendiri. Apakah kita mau lanjut atau stop. Apakah kita mau berlarut-larut dalam kegagalan atau bangkit dan menata semuanya dari nol?

Nah, itulah tadi pembahasan mengenai budi daya pisang. Apa pun yang dibudidayakan itu, harus dilakukan secara sabar. Tidak ada hasil yang instan. Lakukan sepenuh hati dan ikhlas. Tidak ada usaha yang berakhir dengan sia-sia. Tergantung yang menjalaninya saja. Mau tetap berusaha, ikhtiar, atau hanya tetap seperti itu saja.

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Cara Budi Daya Pisang dan Analisis Bisnisnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel