iklan atas

Mengenal Calculator Investasi Untuk Kamu Investor Pemula

 


Punya banyak uang bisa kamu gunakan untuk investasi, karena jika disimpan begitu saja nilainya sama sekali takkan bertambah. Berbagai produk investasi sudah dihadirkan supaya kamu bisa mendapatkan keuntungan. Namun, semuanya harus dihitung dengan cermat menggunakan calculator investasi agar bisa direncanakan dengan lebih matang.

Bagi para investor pemula, tentu saja akan kebingungan saat pertama kali terjun karena ada banyak sekali hal yang perlu dipelajari. Bukan hanya sekedar tentang instrumen investasi apa yang mesti dipilih, tapi juga tentang bagaimana perhitungan yang tepat agar investasi tersebut tidak berubah menjadi kerugian.

Untuk memudahkan kamu si investor pemula, maka kemudian dibuatlah calculator investasi sebagai alat hitung untuk perencanaan investasi yang lebih matang. Berikut ini beberapa hal tentang investment calculator yang perlu kamu ketahui.

Pengertian Calculator Investasi

Meski sama-sama bernama kalkulator, tapi fungsi antara kalkulator investasi dan kalkulator biasa sangat berbeda. Kalkulator investasi ini tentu saja memberikan info yang lebih spesifik terkait dengan perhitungan pola investasi. Untuk hasilnya sendiri pastinya dipengaruhi oleh beberapa hal agar bisa memberikan gambaran yang cukup nyata.

Bagi investor pemula, tentu penggunaan kalkulator investasi ini sangar bermanfaat. Karena sebelum menanamkan modal, mereka bisa tahu dan mendapatkan gambaran bagaimana modal tersebut akan tumbuh di kemudian hari.

Sangat penting diketahui bahwa ketika menggunakan calculator investasi, bukan berarti nanti itu jugalah hasil yang akan kamu dapatkan. Pasalnya, hasil yang ada tersebut merupakan sebuah gambaran, sehingga bukan nilai yang akurat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Tergantung dengan beberapa hal seperti misalnya profil risiko dan sebagainya.

Akses Online Kalkulator Investasi yang Mudah

Untuk mencoba perhitungan kalkulator investasi ini, kamu bisa melakukannya dengan mencari melalui internet. Biasanya beberapa lembaga menyediakannya, khususnya yang menyediakan fasilitas investasi seperti bank, dan beberapa lembaga lain. Salah satu kalkulator investasi yang kemungkinan bisa kamu coba tak lain adalah kalkulator investasi BCA.

Dalam kalkulator investasi bank BCA, ada beberapa kolom yang harus kamu isi yakni kolom profil risiko. Biasanya profil risiko ini memang selalu ada pada investasi yang disediakan oleh bank, sehingga perhitungannya juga ada. Ada beberapa pilihan yang bisa kamu klik, dan tentu saja sebelum memilihnya kamu harus tahu dulu arti dari pilihan tersebut.

1. Sangat Konservatif

Akan ada pilihan Sangat Konservatif yang bisa kamu temukan. Nah, tujuan dari pilihan ini ialah keinginan untuk mendapatkan dana pokok setiap saatnya. Itu berarti sebagai investor, kamu sangat memperhitungkan adanya nilai pokok yang utuh saat berinvestasi. Dalam hal ini, kamu juga tidak terlalu memprioritaskan keuntungan besar saat melakukan investasi.

2. Konservatif

Ketika memilih pilihan Konservatif saat melakukan kalkulator investasi, maka kamu artinya tidak begitu masalah dengan return investasi tersebut. Meskipun hasilnya kecil, tapi dana awal yang ditempatkan haruslah tetap utuh.

Hal ini membuat investor akhirnya akan lebih tertarik dengan produk-produk yang risikonya cenderung lebih kecil. Bahkan bisa juga tertarik dengan produk yang tanpa risiko sama sekali.

3. Moderat

Pilihan lainnya saat melakukan kalkulator investasi ialah Moderat. Pilihan ini lebih mengartikan bahwa investor sudah bisa lebih fleksibel dalam hal menerima kemungkinan risiko. Akan tetapi tentu saja sembari berpikir dan mengukur bahwa risiko yang diterima harus tidak terlalu besar.

4. Agresif

Terakhir dalam profil risiko juga ada pilihan Agresif. Pilihan ini mengindikasikan bahwa kamu merupakan seorang pemain lama dalam dunia investasi. Agresif menjadi pilihan ketika seorang investor sudah biasa dengan nilai saham yang hampir selalu bersifat fluktuatif.

Hal ini menandakan bahwa kamu bisa beradaptasi dengan baik walau seandainya keadaan cukup mengkhawatirkan. Ini juga mengartikan bahwa investor sangat terbuka ketika akan menempatkan dana pada instrumen investasi dengan risiko yang cukup tinggi.

Keuntungan Memakai Kalkulator Investasi

Memakai calculator investasi ini bisa dilakukan oleh siapa saja, baik kamu yang masih baru terjun dalam bidang investasi maupun yang sudah lama berada di dalamnya. Kalkulator ini hanyalah sebagai hitungan perkiraan, jadi kamu tak bisa terlalu mengandalkan nya apalagi sampai percaya bahwa itulah hasil yang akan didapatkan.

Investment calculator memang sangat membantu, karena setidaknya kamu tahu tentang bagaimana sistem investasi saham mulai bekerja. Tingkat inflasi bisa saja berubah dari waktu ke waktu sehingga inilah yang membuat kamu tidak bisa terlalu bergantung pada perhitungan tersebut.

Jenis Kalkulator Investasi

Calculator investasi juga dibagi menjadi beberapa jenis, yang tentu saja masih bisa digunakan oleh investor sesuai dengan kebutuhan mereka. Adapun untuk jenisnya ini ada beberapa macam lagi seperti perhitungan investasi bulanan, perhitungan investasi akhir, perhitungan dana yang mesti dipersiapkan dan lain sebagainya.

Bergabung dalam dunia investasi khususnya saham memang cukup rumit dan kamu butuh banyak waktu luang untuk mempelajarinya. Karena jika tidak, maka kamu pun akan mendapatkan banyak kesulitan akibat dari pengetahuan yang minim sekali. Oleh karena itu harus sering membaca dan menonton video tentang investasi.

Kemudian selain menggunakan calculator investasi juga mesti sering berdiskusi dengan orang lain yang juga terjun dalam dunia saham. Caranya dengan bergabung di beberapa grup atau komunitas agar bisa mendapatkan update terkini tentang dunia investasi yang baru kamu geluti.

Ada banyak istilah-istilah dalam dunia investasi yang seharusnya dipahami dengan baik. Hingga ketika memutuskan untuk meletakkan dana pada perusahaan, kamu takkan kecewa bila hasilnya tak sesuai harapan. Sekalipun menggunakan calculator investasi, tetap saja kita tidak tahu seberapa besar keuntungan yang akan didapatkan di masa depan nanti.


Belum ada Komentar untuk "Mengenal Calculator Investasi Untuk Kamu Investor Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel