iklan atas

Apa sih perbedaan inspirasi dan motivasi? Sering kita dengar tapi tidak tau makna aslinya! Berikut arti inspirasi dan cara mendapatkannya.

 


Mengenal Tentang Apa Arti Inspirasi dan Motivasi

Di dunia ini banyak orang yang merasa terinspirasi dan juga termotivasi dalam kehidupan mereka. Namun, sebenarnya apa arti inspirasi dan motivasi ini? Kenapa banyak yang merasa lebih semangat setelah mendapat inspirasi serta motivasi dalam menjalani kehidupan?

Beberapa orang menganggap bahwa motivasi dan inspirasi merupakan kata yang sama, dengan definisi yang sama pula. Nyatanya, dua kata ini sangatlah berbeda baik dari segi definisi maupun maknanya. Untuk lebih jelasnya mari simak uraian berikut ini.

Pengertian Inspirasi dan Motivasi

Jika ditanya, apa arti inspirasi? Maka jawabannya sangat sederhana sekali. Di mana inspirasi adalah sesuatu yang muncul dalam pikiran manusia, bisa juga rangsangan dari luar manusia itu sendiri. Inspirasi menjadi pembuka pikiran dan kita lebih mudah mendapatkan ide serta gagasan baru untuk mengerjakan suatu hal.

Jika menurut pada KBBI, maka inspirasi bisa disederhanakan lagi sebagai sebuah ilham yang datang kepada diri sendiri. Ketika inspirasi datang, maka kita akan menjadi sosok yang lebih kreatif dan bisa melakukan hal-hal atau aktivitas kreatif tersebut dengan lebih mudah daripada sebelumnya.

Sementara itu, motivasi sendiri didefinisikan sebagai sebuah dorongan, yang mampu membuat jiwa dan perilaku kita bergerak untuk melakukan suatu hal. Tanpa adanya motivasi, terutama dalam kehidupan, maka kita akan menjadi pribadi yang kosong. Tidak tahu harus melangkah ke mana dan tidak punya tujuan apa-apa.

Pentingnya Mendapatkan Inspirasi dan Motivasi

Arti inspirasi kehidupan sangatlah penting khususnya untuk diri sendiri. Biasanya inspirasi ini bisa datang dengan sendirinya, atau ada juga orang-orang yang pergi ke suatu tempat, melakukan suatu hal hanya demi menjemput inspirasi tersebut. Karena tanpa inspirasi, kita hanya akan terjebak di tempat yang sama tanpa ada kemajuan.

Mendapatkan motivasi juga tak kalah pentingnya. Setiap orang selalu memiliki motivasi untuk bertahan hidup. Entah itu anak-anak mereka, entah itu untuk masa depan, untuk keluarga, pasangan dan sebagainya. Dengan memiliki motivasi yang tepat, kita akan menjadi pribadi yang tak terkalahkan.

Motivasi menjadi sebuah senjata untuk kita bisa bangkit di tengah keterpurukan. Bahkan meski hanya sekedar membaca kalimat-kalimat positif, melihat perilaku baik dari orang lain dan sejenisnya. Banyak orang yang mengaku mereka tidak memilih motivasi untuk hidup lagi, sehingga memutuskan untuk menyerah.

Arti inspirasi dan motivasi sama sekali tak bisa disepelekan. Karena jika tidak memilikinya mampu membawa seseorang dalam kesesatan, keterpurukan, dan hal-hal negatif yang membuat hidup menjadi hancur. Oleh karena itu, kamu juga harus sering menyebarkan kebaikan agar setidaknya ada yang termotivasi walau hanya dengan kalimat positif yang kamu lontarkan.

Cara Mendapatkan Inspirasi dan Motivasi

Untuk mendapatkan arti inspirasi teorinya sangatlah gampang, tapi memang praktiknya tidak semudah itu. Berikut ini cara yang bisa kamu lakukan supaya mendapatkan inspirasi.

  1. Mendengar Musik
    Musik selalu jadi pilihan bagi sebagian orang yang ingin memperoleh inspirasi. Entah itu dari lirik, irama, atau apapun. Musik juga mampu membawa ketenangan dalam diri, sehingga bisa membuka pikiran kita menjadi lebih luas lagi.

  2. Tidur
    Percayalah, tidur juga mampu mendatangkan arti inspirasi, misalnya saja dalam mimpi. Tak sedikit yang setelah bangun dari tidur tiba-tiba mendapatkan ide terbaik untuk berkarya, dan menghasilkan sesuatu yang bagus. Itulah mengapa tidur jadi sangat diperlukan saat kamu benar-benar merasa jenuh dan otak sedang kosong.

  3. Menonton Film
    Selain dua hal di atas, menonton juga bisa dilakukan agar kamu memperoleh inspirasi. Katakanlah kamu seorang penulis cerita, maka menonton bisa menambah referensi dalam mencari adegan, dialog, atau apapun itu.

  4. Berlibur
    Saat pikiran tenang dan terbebas dari stres, kita akan lebih mudah mendapatkan banyak ide dan gagasan. Inilah kenapa liburan sangat dianjurkan ketika kamu sudah benar-benar merasa penat demi mendapatkan arti inspirasi yang sesungguhnya.

Cara Mendapatkan Motivasi Kehidupan

Kalau kamu merasa hidup sedang tidak baik-baik saja, tidak tahu apa yang harus dilakukan saat ini dan semua terasa membosankan. Maka, itu artinya kamu butuh motivasi yang kuat untuk sekedar bertahan hidup. Berikut adalah cara-cara yang bisa diterapkan supaya motivasi hidupmu kembali lagi.

  • Jangan Takut dengan Kegagalan
    Setiap orang merasa takut dengan kegagalan, padahal kegagalan bukan hal yang perlu dipikirkan berlebihan. Kamu bisa tetap berkarya dan mencoba apapun itu meski gagal. Gagal tidak masalah sama sekali, kamu hanya harus bangkit dan mencoba lagi.

  • Tulis Dengan Besar Tujuan Hidup atau Cita-citamu
    Kita selalu mempunyai harapan, keinginan, cita-cita, tujuan hidup. Sayangnya saat gagal kita tidak terlalu memikirkan hal itu dan hanya fokus dengan kegagalan serta merasa terpuruk.

    Oleh karena itu, kamu harus menulis besar-besaran apa tujuan hidup, cita-cita, keinginan dan sebagainya. Agar saat melihatnya lagi kamu paham dan lebih termotivasi untuk tidak menyerah.

  • Lakukan Hal yang Positif
    Setelah menuliskan segala daftar keinginan, cita-cita, tujuan dan semacamnya, hal berikut yang harus kamu lakukan ialah bergerak. Yap, kamu harus bergerak untuk mewujudkan hal tersebut dan tidak hanya duduk diam saja memandangnya.

    Lakukan berbagai macam kegiatan positif yang membantumu lebih dekat dengan tujuan hidup. Abaikan orang-orang lainnya yang mungkin akan memberimu rintangan. Tekankan pada diri sendiri bahwa kamu bisa mendapatkan apa yang kamu mau. Sehingga kamu takkan kehilangan arti inspirasi dan juga motivasi dalam kehidupan ini.

  • Menyusun Rencana
    Terlalu berpikir tentang masa depan memang bukan hal baik, tapi setidaknya kamu masih punya rencana untuk bergerak mendapatkan keinginan tersebut. Jangan khawatir jika semuanya tak sesuai rencana, setidaknya dengan adanya rencana ini bisa meminimalisir kegagalan di kemudian hari.

Begitu berharganya arti inspirasi dan motivasi, sehingga tanpa dua hal tersebut maka hidup kita tidak akan ada artinya sama sekali.


Belum ada Komentar untuk "Apa sih perbedaan inspirasi dan motivasi? Sering kita dengar tapi tidak tau makna aslinya! Berikut arti inspirasi dan cara mendapatkannya."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel