iklan atas

Ingin Penjualan Meningkat? Coba Terapkan Strategi Pemasaran Produk Ini!


Cara memasarkan produk secara efektif merupakan aspek penting yang perlu Anda pikirkan. Baik itu Anda berposisi sebagai wirausaha maupun bekerja di perusahaan berorientasi profit. Penggunaan strategi pemasaran produk sendiri berfungsi guna memperkenalkan produk milik usaha Anda atau pun perusahaan. Semakin tepat pemilihan strateginya, tentu akan meningkatkan penjualan produk.

Berbicara soal strategi pemasaran suatu produk, sebenarnya terdapat banyak media dan cara yang bisa Anda gunakan. Penggunaan media dan cara tersebut sangat bergantung pada analisis serta kreativitas yang Anda miliki. Sebagai gambaran untuk Anda, di bawah ini adalah lima contoh strategi memasarkan produk secara efektif.


Mengenal Target Pasar

Aspek pertama dan paling utama yang perlu Anda pikirkan dalam memasarkan produk perusahaan atau milik pribadi adalah mengenal target pasar. Pastikan Anda sudah memahami mengenai kualitas serta kegunaan produk yang akan ditawarkan ke konsumen. Ketika kedua aspek tersebut telah dipahami, maka akan memudahkan Anda untuk menentukan target pasar.

Target pasar yang dimaksud adalah apakah produk tersebut akan dijual ke kalangan kaum muda, anak-anak atau menjangkau segala usia? Selain itu, pikirkan juga apakah produk ini khusus untuk pria, wanita atau bisa digunakan keduanya? Melalui pengenalan target pasar, pemasaran produk yang Anda lakukan akan menjadi lebih terarah.

Sebagai contoh, bisnis Anda adalah berjualan kerudung atau jilbab khusus untuk anak usia TK hingga SD. Disini, Anda telah menentukan target pasar secara spesifik, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menerapkan strategi pemasaran produk. Dikarenakan bisnis Anda adalah berjualan jilbab untuk anak-anak, maka pilihlah motif yang lucu serta pilihan warna-warna cerah.

Menjaga Hubungan Baik dengan Pelanggan

Anda semua pasti setuju bahwa pelanggan adalah aset paling penting bagi bisnis pribadi atau pun perusahaan. Ini dikarenakan yang namanya pelanggan biasanya telah berulangkali membeli produk sehingga ikut memberi pemasukan rutin. Agar Anda tak kehilangan pelanggan, maka perlu dipikirkan bagaimana cara menjaga bahkan meningkatkan loyalitas Mereka.

Cara yang dapat Anda gunakan untuk mewujudkan loyalitas pelanggan adalah menjaga hubungan baik dengan Meraka. Contoh konkretnya adalah dengan memberikan diskon setiap pembelian yang dilakukan oleh pelanggan. Selain itu, usahakan juga untuk selalu memberi pelayanan prima kepada Mereka. Baik dengan cara menjaga kualitas produk atau menanggapi saran Mereka secara simpatik.

Manfaatkan Testimoni Produk dari Pelanggan

Logikanya, sebuah produk yang berkualitas pasti banyak dibeli oleh pelanggan dan mendapatkan respon positif dari Mereka. Oleh karena itu, sudah semestinya Anda memanfaatkan testimonoi dari para pelanggan untuk meningkatkan penjualan produk. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan supaya pelanggan bersedia memberikan testimoninya.

Pertama, pastikan Anda selalu menjaga kualitas produk yang dijual kepada pelanggan. Jika sudah demikian, pelanggan biasanya bersedia secara sukarela memberi testimoni positif terhadap produk.  Kedua, berikanlah insentif kepada pelanggan pada waktu-waktu tertentu. Dalam konteks ini, insentif yang dimaksud tidak melulu berupa uang.

Contohnya, saat menjelang lebaran Anda bisa memberikan pelanggan hadiah produk promo apabila melakukan pembelian dalam jumlah banyak. Selain itu, Anda juga dapat memperoleh testimoni pelanggan dengan cara rutin mengadakan kuis dan give away berhadiah menarik. Ketiga, usahakan untuk menjalin relasi dengan pelanggan yang merupakan seorang public figur.

Jika pelanggan Anda adalah public figur, jelas ini merupakan suatu keuntungan yang wajib untuk dimanfaatkan. Caranya adalah dengan meminta Mereka untuk memberikan testimoni positif produk milik Anda. Penerapan cara ini dianggap cukup efektif guna meningkatkan citra dan juga penjualan produk Anda di mata konsumen lainnya.

Tawarkan Produk Secara Gratis

Strategi pemasaran produk yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang sedang merintis bisnis atau bekerja di perusahaan start up. Menawarkan produk secara cuma-cuma dianggap sebagai cara yang efektif untuk menjaring konsumen. Pendapat ini cukup beralasan karena biasanya konsumen
tidak akan membeli suatu produk sebelum Mereka mencobanya.

Jadi, melalui penawaran produk secara gratis ini, Anda bisa memberikan gambaran jelas kepada konsumen mengenai kualitas dan spesifikasi produk. Agar hasilnya lebih maksimal, Anda sebaiknya memanfaatkan sebuah event yang dihadiri banyak orang untuk menawarkan produk secara gratis. Disamping itu, promosi produk juga bisa Anda lakukan secara door to door kepada konsumen.

Pilih Lokasi Usaha yang Strategis

Meskipun bisnis berbasis online shop saat ini tengah marak, sebagian dari Anda masih beranggapan bahwa membuka toko offline tetap penting. Tetapi, sebelum memutuskan untuk membuka toko offline, sebaiknya Anda memastikan bahwa lokasi yang akan dijadikan tempat usaha benar-benar strategis. Ketika lokasinya strategis, maka perkembangan usaha Anda akan berpotensi makin pesat.

Adapun kriteria suatu lokasi usaha dikatakan strategis adalah apabila mampu menjangkau target pasar atau konsumen dengan efektif serta mudah dijangkau. Misalnya, Anda ingin membuka usaha distro yang menjual produk baju branded untuk anak muda. Supaya pemasaran bisnis Anda berjalan lancar dan penjualan produk maksimal, maka pilihlah lokasi usaha di kota-kota pelajar.

Manfaatkan Keberadaan Sosial Media

Dewasa ini, kehadiran sosial media memang sangat memudahkan Kita dalam beraktivitas. Tidak hanya berfungsi sebagai media komunikasi dan hiburan, sosial media juga bisa Anda gunakan untuk promosi produk. Melalui sosial media, Anda bisa memasarkan produk perusahaan atau bisnis pribadi secara efektif.

Efektivitas penggunaan sosial media sebagai alat pemasaran produk dapat dibuktikan dengan kemampuannya menjangkau berbagai kalangan. Selain itu, aspek visibilitas atau keterlihatan produk yang Anda pasarkan melalui sosial media juga tinggi. Meski dianggap sebagai media promosi yang efektif, sosial media tidak akan berfungsi optimal bila konten di dalamnya kurang mendukung.

Jadi, Anda sebaiknya tidak hanya asal memasarkan produk menggunakan berbagai sosial media.
Sebelum produk dipasarkan, pastikan Anda telah membuat kontennya dengan baik. Seperti foto produk yang terlihat jelas dan detil, deskripsi produk lengkap hingga caption yang menarik. Ketika ketiga aspek ini terpenuhi, maka pemanfaatan sosial media untuk promosi produk jauh lebih optimal.

Menjadi Sponsor Sebuah Kegiatan

Cara lainnya yang juga dipercaya efektif untuk memasarkan produk Anda adalah dengan menjadi sponsor sebuah kegiatan. Penerapan cara ini pun cukup fleksibel karena bisa Anda lakukan secara online maupun offline. Selain itu, bentuk sponsor yang Anda berikan juga tidak melulu dalam wujud uang.

Disini, Anda bisa memberikan sponsor berupa barang supaya produk makin dikenal konsumen.
Misalnya, Anda memiliki bisnis di bidang fashion yaitu berjualan kaos polos dengan brand sendiri. Agar nama brand semakin terkenal dan penjualan meningkat, maka Anda bisa menjadi sponsor untuk kegiatan tertentu. Seperti color fun run, konser musik, seminar hingga kegiatan amal. 

Pemilihan strategi pemasaran produk memang harus Anda lakukan secara serius. Sebab persentase penjualan produk bergantung terhadap aspek ini. Bila strategi pemasaran yang Anda pilih tepat, tentu saja berpotensi meningkatkan profit. Namun, sebaliknya jika Anda salah memilih strategi pemasaran, maka laju bisnis akan terganggu. Jadi, strategi pemasaran mana yang ingin Anda pilih?








Belum ada Komentar untuk "Ingin Penjualan Meningkat? Coba Terapkan Strategi Pemasaran Produk Ini!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel