iklan atas

Jenis dan Budidaya Ikan Arwana

Budidaya Ikan Arwana - Bagi para pecinta Arwana, mungkin ikan yang satu ini memiliki nilai tersendiri bagi mereka. Mungkin saja bagi semua pengoleksi ikan hias, pasling tidak punya satu jenis saja ikan Arwana. Ikan ini sendiri memang memiliki banyak sekali jenis. Sehingga ini akan membedakan dari ukuran, perilaku dan sebagainya.
Untuk berbagai tempat yang banyak membudidayakan ikan ini misalnya di budidaya ikan arwana super red di bekasi, tempat budidaya ikan arwana di pontianak, kalimantan barat, di bogor, magelang, jogja dan sukabumi yang memang terbukti berhasil. Kalau Anda akan membudidayakannya, siapkan dulu proposal budidaya ikan arwana.

Jenis Ikan Arwana

Berikut ini adalah beberapa jenis ikan Arwana yang banyak dikembangbiakan dan memiliki harga terbaik :
  1. Ikan Arwana Red Tail Golden.
  2. Ikan Arwana Brasil atau Silver Arowana.
  3. Ikan Arwana Bnjar atau Banjar Red Arowana.
  4. Ikan Arwana Black Golden.
  5. Ikan Arwana Super Red.
  6. Ikan Arwana Cross Black Golden.
  7. Ikan Arwana Papua atau Jardini Arowana.
  8. Ikan Arwana Hijau atau Green Arowana.
  9. Ikan Arwana Batik atau Myanmar Arowana.
  10. Ikan Arwana Arwana Paltinum.
  11. Ikan Arwana Red Golden
Cara Budidaya Ikan Arwana Di Akuarium Dan Kolam
Untuk Anda yang berniat akan membudidayakan ikan ini, maka berikut ini beberapa cara terbaik :

1. Budidaya Ikan Arwana Di Akuarium


Bagi Anda yang mau membudidayakan budidaya ikan arwana super red, budidaya ikan arwana silver dan lain sebagainya dengan menggunakan cara budidaya ikan arwana di akuarium. Berikut ini langkah-langkahnya :
  • Mempersiapkan Media Budidaya
Langkah pertama yang memang harus sekali disiapkan yaitu dengan menyiapkan aqiarium. Selain itu persiapkan juga berbagai perlengkapan lainnya seperti pengukur suhu, heater, filter air, aerator, dan yang gak boleh ketinggalan yaitu penerangan yang memang dibutuhkan ileh ikan Arwana dalam penerangannya.
Lalu selain itu karena disini kita akan membudidayakan ikan Arwana, maka pastinya kita gak hanya membutuhkan cuma satu saja akuarium. Disini paling tidak kita terlebih dahulu harus menyiapkan sampai 5 akuarium.
  • Memilih Jenis Ikan Arwana
Pilih juga mana jenis ikan arwana yang memang akan dibudidayakan. Kalau di Indonesia sendiri sebenarnya ada banyak sekali jenis ikan arwana yang mudah untuk dibudidayakan. Disini Anda bisa menentukan sendiri mana jenis ikan Arwana dengan pemeliharaan paling mudah akan tetapi dengan keuntungan yang paling besar.
Untuk yang saya rekomendasikan yaitu ikan Arwana Super Red. Ikan ini sendiri termasuk jenis yang sangat mudah ditemukan di Indonesia. Keuntungan dalam membudidayakannya juga memang termasuk sangat besar. Terutama karena memang harganya bisa mencapai 6 juta rupiah. Bahkan kalau benihnya saja kita bis amenjualnya senilai 1 juta rupiah.
  • Mempersiapkan Indukan Terbaik
Setiap jenis ikan budiaya itu memang tingkat keberhasilannya tergantung dengan indukan yang digunakan. Dengan semakin bagus kualitas indukan yang digunakan, maka keberhasilan yang akan di raih bisa saja semakin mudah untuk di raih. Termasuk juga dalam pembudidayaan ikan arwana tersebut.
Untuk indukan yang dapat digunakan sebagai indukan terbaik yaitu yang telah berada dalam usia 5 tahun. Pada usia inilah ikan Arwana telah berhasil untuk menemukan kedewasaan dan kesiapan untuk kawin. Selain itu kita juga harus memperhatikan perawatan pada iakn indukan yang harus lebih baik terutama dalam masalah pakan yang diberikan.
  • Memilih Waktu Budidaya Terbaik
Waktu ini adalah waktu pemijahan. Pertama kita bisa memperhatikan ikan indukan kita yang telah siap untuk kawin di dalam kolam. Ikan Arwana yang siap kawin yaitu yang telah berhasil menemukan pasangannya. Ciri-cirinya sendiri yaitu kalau ada ikan jantan dan betina yang berenang secara bersamaan.
Kalau kita sudah menemukan ada ikan indukan kita yang seperti di atas, maka selanjutnya kita bisa untuk selanjutnya memindahkan ikan kita ke tempat yang berbeda. Maka di tempat itulah kita bisa membuat ikan kita kawin dan selanjutnya proses pemijahan bisa terus berlangsung.
  • Membesarkan Benih
Untuk benih ikan yang biasanya akan terlihat yaitu yang berukuran 1 cm. Pada saat benih ikan kita baru berukuran segini, maka berikan pakan berupa cacing pita. Dan setelah ikan benih kita ini berukuran sampai 12 cm, maka harus segara di pisahkan dari induknya. Hal ini untuk mencegah agar si indukan tidak memakan ikan arwana kita ini.
  • Memelihara Benih
Untuk pemeliharaan benih ini bisa kita lakukan sampai menemui ukuran 24 - 45 cm. Disini pada saat pemeliharaan kita juga harus sering-sering menjemurnya dalam sinar matahari. Hal ini bertujuan agar nantinya si ikan kita menjadi memiliki warna asli natural yang terbaik.
  • Memanen Ikan Arwana
Setelah kita berhasil untuk membesarkan ikan serta berhasil untuk membuat ikan kita memiliki warna yang baik, maka langkah selanjutnya adalah dengan memanen ikan. Untuk proses distribusi ikan Arwana yang telah kita lakukan budidaya ikan arwana di akuarium, maka sebelumnya bisa kita tanyakan kepada para penyuplai.
Karena mereka nantinya akan sangat mudah untuk membuat ikan kita bisa di distribusikan kepasaran. Selain itu disini memang akan membutuhkan sekali proses distribusi yang benar-benar dilakukan oleh profesional. Apalagi seperti yang kita ketahui ikan ini memnag memiliki harga yang cukup mahal.

2. Budidaya Ikan Arwana Di Kolam


Untuk cara budidaya ikan arwana super red, ikan arwana golden red dan lain sebagainya memang sama saja. Berikut ini adalah beberapa langkah  budidaya ikan nila nirwana :
  • Persiapan Kolam. Dalam persiapan kolam ini bisa dibilang nantinya yang paling penting adalah ph yang ada didalamnya. Selain itu untuk suhu di dalamnya adalah 25 - 29 derajat celsius. Sementara itu pilih lahan yang tidak bisa terkena sinar matahari secara langsung. Dan untuk kolam ini harus dipisah ikan benih, anakan maupun yang sudah dewasa.
  • Memilih jenis dan indukan. Dalam makalah budidaya ikan arwana beberapa yang paling sering di budidayakan yaitu yang memang Golden Red. Dan untuk indukan yang tepat berkisar umur 4 - 5 tahun dan harus yang terbaik. Sementara itu untuk jenis indukan ini harus dipilih yang memiliki fisik paling bagus.
  • Perkembangbiakan ikan. Untuk pengembangan ikan ini adalah melalui pemijahan. Nantinya kita akan menemukan ikan yang memang siap kawin antara jantan dan betina yang selalu berenang bersamaan. Setelah ikan nantinya bertelur dan menjadi larva berumur 7 - 8 minggu, ikan Arwana jantan nantinya akan menyimpan larva di dalam mulutnya.
  • Peremajaan ikan. Untuk proses peremajaan ini harus dilakukan dengan cara menyinari ikan dalam cahaya matahari. Untuk kolam yan digunakan yaitu kedalaman 30 - 40 cm.
  • Pemanenan ikan Arwana. Untuk proses yang satu ini akan terjadi apabila si ikan telah dewasa ataupun telah mmeiliki ukuran tepat untuk dijual. Selain itu warna yang dimiliki dari si ikan tersebut juga harus sudah baik.
Budidaya Ikan Arwana PDF
Video Budidaya Ikan Arwana
Bisni budidaya ikan hias arwana memang terbilang sangat menjanjikan. Apakah Anda suah tertarik?


Belum ada Komentar untuk " Jenis dan Budidaya Ikan Arwana"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel