iklan atas

10 Rekomendasi Jenis Ikan Hias Air Tawar Dan Laut Paling Populer

Budidaya Ikan Hias - Budidaya ikan hias adalah cara yang dapat kita lakukan untuk bisa menghasilkan ikan sendiri tanpa harus membeli ataupun menangkap langsung dari alam liar. Sekarang juga sudah ada banyak sekali wadah budidaya ikan hias. Baik itu yang berupa budidaya ikan hias air laut maupun ikan air tawar
Pada dasarnya untuk budidaya ikan hias laut maupun ikan air tawar akan dapat kita lakukan dengan mudah asalkan mampu untuk mencoba memenuhi segala yang dibutuhkan oleh ikan. Misalnya kalau budidaya ikan hias di akuarium pastinya harus membutuhkan lebih banyak lagi aliran air dan oksigen yang cukup.

10 Rekomendasi Jenis Ikan Hias Air Tawar Dan Laut Paling Populer
Untuk Anda yang akan melakukan ikan hias yang mudah tapi belum tahu mau ikan yang mana, berikut ini saya berikan beberapa rekomendasinya :

1. Ikan Guppy

Ikan Guppy merupakan ikan yang berasal dari wilayah Amerika Tengah dan Selatan. ikan Guppy ini sendiri merupakan salah satu ikan yang dapat dengan mudah sekali beradaptasi dalam berbagai suhu atau kondisi. Salah satunya bisa kita lihat ikan satu ini tang banyak budidaya ikan hias guppy dan bisa beradaptasi dengan baik.
Apalagi kondisi Indonesia dengan negara-negara di kawasan Amerika Tengah dan Selatan itu juga gak terlalu berbeda.Ikan Guppy ini sendiri juga merupakan salah satu ikan yang paling mudah untuk di budidayakan. Dan untuk Anda yang akan membudidayakannya, sangat di anjurkan memperlajari makalah budidaya ikan hias guppy dulu.

2. Ikan Koki


Ikan koki merupakan salah satu ikan yang juga sangat terkenal untuk di budidayakan. Banyak sekali memang orang yang melakukan budidaya ikan hias koki. Pada awalnya sebenarnya banyak orang yang bilang ikan koki itu berasal dari cina. Akan tetapi yang mempopulerkan ikan koki sendiri itu berasal adalah bangsa Jepang.
Ikan ini terkenal dengan berbagaimacam warna serta motif yang berbeda-beda. Saat ini sendiri di Indonesia banyak berkembang. Salah satu yang terkenal yaitu ikan hias tulungagung. Bahkan disini bisa memproduksi sampai dengan 55 juta ikan koki setiap tahun. Maka dari itu menurut wawancara budidaya ikan hias, ada banyak keuntungan yang diperoleh.

3. Ikan Komet


Ikan komet merupakan salah satu jenis ikan kecil yang snagat di favoritkan oleh para akuarius. Salah satu yang memang menjadi favorit sekali yaitu karena memiliki sirip yang menjuntai beserta dengan perpaduan warna merah oranye dengan putih yang terbilang sangat bagus.
Selain itu untuk proses budidaya ikan hias komet terbilang cukup mudah untuk dilakukan. Cukup di taruh saja kedalam aquarium.

4. Ikan Koi

Ikan Koi adalah ikan yang ebarsal dari Jepang. Pada sekitar tahun 1820-an bangsa Jepang berhasil melakukan budidaya ikan hias koi dengan menyilangkan beberapa ikan koi dengan warna merah dan putih. Hal ini menjadikan ian memiliki warna yang sangat menarik.
Setelah itu beberapa tahun berikutnya mulai muncul lagi bergagai warna lain. Ikan ini sendiri adalah ikan yang lebih cocok untuk ditempatkan pada kolam dibandingkan dalam aquarium. Walaupun sebenarnya ikan ini cukup sulit dikembangkan, akan tetapi inilah yang membuat budidaya, salah satunya budidaya ikan hias di makassar menjadi berkembang.

5. Ikan Manfish

Ikan Mnafish mungkin akan lebih kita kenal dengan nama ikan Layang-layang. Mungkin saja karena bentuknya yang memang sangat menyerupai layang-layang. Bnetuknya sendiri memang sangat khas sekali. yaitu dengan bentuk pipih dilengkapi dengan sirip di bagian atas dan perut yang sangat panjang menyerupai layangan.
 Pada budidaya ikan hias manfish terbilang sangat mudah karena memang bisa dilakukan pada akuarium saja. Untuk beberapa warna ikan ini yang paling populer dan banyak di cari yaitu seperti Zebra, Marble, Macan tutul, Emas dan setengah gold. Itulah beberapa warna yang menjadi favorit banyak orang.

6. Ikan Discus

Ikan satu ini adalah salah satu ikan hias yang berasal dari perairan Amazon. Disebut dengan nama Discus karena memang bentuknya yang menyerupai piringan atau dalam bahasa inggrisnya Disc. Ikan ini menjadi salah satu ikan hias karena memang memiliki warna-warna cerah yang sangat atraktif sekali.
Walaupun begitu ikan ini bukan termasuk ikan yang agresif. Karena dalam pergerakannya saja terbilang sangat lembut dan tenang. Karena hal inilah juga banyak yang menyebutnya sebagai Raja Akuarium. Untuk pemeliharaan ikan ini sendiri gampang-gampang susah karena cukup mudah untuk stres.

7. Ikan Arwana

Ikan Arwana adalah salah satu ikan yang menjadi ikan terkenal dan menjadi ikan endemik Indonesia. Untuk daerah yang banyak sekali menghasilkan ikan satu ini dalah di wilayah pulau Kalimantan dan Papua. Kalau pada zaman dahulu kita mau punya ikan ini harus berburu, akan tetapi sekarang sudah banyak yang membudidayakannya.
Ikan air tawar ini sendiri merupakan salah satu ikan yang memiliki nilai jual sangat tinggi. Bahkan pada beberapa jenis tertentu, harganya bisa mencapai jutaan rupiah. Dan daerah yang paling banyak membudidayakannya yaitu yang berada di Pulau Kalimantan dan Sumatera.

8. Ikan Mas Kecil

Ikan mas merupakan ikan yang banyak sekali ditemukan di Indonesia. Bahkan proses pembudidayaannya memang sudah dilakukan sejak zaman dahulu. Untuk menemukannya juga sangat mudah. Karena di negara-negara Asia seperti di Indonesia kita akan menemukannya dengan sangat mudah. Seringkali juga ada di pinggir jalan.
Ikan ini sendiri memiliki beberapa jenis. Ada jenis yang dapat di konsumsi dan ada juga jenis yang bukan merupakan ikan konsumsi. Untuk jenis ikan mas yang dapat dijadikan sebagai ikan hias yaitu ikan mas koki. Sedangka yang dapat dikonsumsi adalah Ikan Mas Majalaya yang terbilang sangat enak dan gurih.

9. Ikan Molly

Ikan Molly ini bukan ikan yang berasal dari wilayah Indonesia. Melainkan berasal dari Mexico, Florida, Virginia. Ikan ini sebenarnya terkenal memiliki ukuran yang termasuk cukup besar. Bahkan bisa mencapai ukuran 12 cm. Untuk jenis ikan ini ada banyak, karena telah mengalami proses perkawinan dan mutasi sejak dulu.
Untuk salah satu jenis yang direkomendasikan yaitu Molly Balon. Pada saat kecil mungkin terlihat sepertiikan Molly pada umumnya. Akan tetapi kalau sudah besar, bisa terlihat seperti ikan mas koki akan tetapi dengan motif Molly. Kekurangan ikan ini sendiri tidak terlalu kuat perubahan suhu serta goncangan yang terlalu besar.

10. Ikan Platy

Ikan ini memiliki ciri khas yang terdapat pada bagian ekornya yaitu terlihat seperti pedang. Salah satu hal yang membuat ikan ini terkenal yaitu karena ada bentuk dan warna mencolok yangmemang sangat bagus. Untuk proses budidayanya juga terbilang sangat mudah.
Itulah beberapa ikan rekomendasi yang bisa Anda coba untuk di budidayakan sebagai ikan hias. Untuk lebih lengkapnya dapat Anda download Materi Budidaya Ikan Hias PDF. Sebenarnya masih ada banyak lagi lainnya seperti Oscar, Lemon, Louhan, Rainbow, Tetra, Zebra dan cupang yang dapat dicoba. Apalagi kebutuhan pasar saat ini juga terbilang sangat besar. Bagaimana, apakah sudah tertarik budidaya ikan hias?


Belum ada Komentar untuk "10 Rekomendasi Jenis Ikan Hias Air Tawar Dan Laut Paling Populer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel