iklan atas

Berawal dari Hal Kecil, Inilah 8 Cara Menjadi Pengusaha Sukses yang Wajib Dipahami


Ada banyak orang di dunia ini yang bercita-cita ingin menjadi seorang pengusaha sukses. Namun, hanya sebagian kecil dari Mereka yang sanggup untuk mewujudkan cita-citanya tersebut. Cara menjadi pengusaha sukses tidak akan membahas tentang seberapa banyak modal yang Anda miliki untuk berbisnis.

Sebaliknya, cara untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses lebih mengedepankan aspek mental serta kepribadian Anda. Agar kedua aspek tersebut memenuhi kriteria, maka Anda perlu belajar dari pengusaha yang sudah sukses tentunya. Berikut adalah beberapa cara yang dapat membantu Anda mewujudkan impian menjadi pengusaha sukses.




1.   Mulailah Mengevaluasi Diri
Perjuangan untuk menjadi seorang pengusaha sukses memang tidaklah mudah. Akan tetapi, Anda dapat mewujudkannya dengan melakukan beberapa hal sederhana terlebih dahulu. Salah satu hal sederhana yang bisa mulai Anda lakukan adalah mengevaluasi diri sendiri. Cobalah refleksikan diri Anda, apakah sudah memenuhi kriteria untuk menjadi seorang pengusaha sukses?

Cari tahu, kenali dan jika perlu tuliskan apa saja kelebihan sekaligus kelemahan Anda. Kemudian, deskripsikan kedua aspek tersebut menjadi lebih terperinci ke dalam poin-poin penting. Misalnya, pengetahuan, pengalaman, keterampilan, kegemaran dan kepribadian. Supaya evaluasi diri lebih maksimal, Anda juga bisa meminta pendapat dari orang-orang terdekat.

2.   Sempatkan Waktu Untuk Berpikir Kreatif
Ide bisnis brilian yang berpotensi mengantarkan Anda menjadi pengusaha sukses tentu tidak datang begitu saja. Anda hanya dapat memperoleh ide cerdas dalam berbisnis apabila memiliki waktu luang untuk berpikir kreatif. Agar kreativitas semakin meningkat, Anda bisa melakukan beberapa kegiatan yang membuat pikiran menjadi lebih kondusif.

Kegiatan yang bisa Anda lakukan diantaranya adalah berjalan santai di perkebunan maupun hutan sembari menikmati keindahan alam. Jika tidak ingin melakukan aktivitas fisik, Anda bisa sekedar membaca buku atau pun bersantai. Disamping mendekatkan diri kepada alam, kreativitas juga dapat ditingkatkan melalui hal-hal kecil. Seperti rutin berolahraga atau pun tidak bermalas-malasan.

3.   Upayakan Selalu Bersikap Proaktif
Setiap orang tentu memiliki kemampuan untuk menghasilkan ide-ide unik dan menarik. Namun, soal kemampuan untuk merealisasikannya hanya segelintir orang saja yang sanggup melakukannya. Jika  Anda termasuk ke dalam golongan orang yang mampu merealisasikan ide, ini artinya sikap proaktif telah dimiliki.

Ciri khas dari seseorang yang bersikap proaktif adalah mempunyai kecenderungan untuk selalu berinisiatif. Ketika tidak ada peluang usaha, Ia tidak hanya berdiam diri pasrah apalagi menyerah. Sebaliknya, Ia akan terus mencari peluang usaha bahkan bila perlu menciptakan yang baru. Kebalikan dari sikap proaktif adalah reaktif dimana Ia hanya menunggu munculnya peluang usaha.

Apabila Anda selama ini merasa bersikap terlalu reaktif, maka mulailah tinggalkan kebiasaan tersebut dan budayakan untuk lebih proaktif. Sebab dengan bersikap proaktif, Anda dapat memberikan kekuatan untuk menentukan pilihan diri sendiri. Dengan demikian, Anda pun akan semakin terlatih untuk menjadi pengusaha sukses karena sudah terbiasa mengambil keputusan.

4.   Pastikan Bidang Usaha Sesuai Passion
Anda mungkin sudah terbiasa mendengar orang bertanya tentang bisnis apa yang berpotensi menghasilkan keuntungan tinggi. Apakah itu bisnis makanan, fashion, otomotif, jasa atau properti? Sebenarnya, semua bidang usaha memiliki prospek yang sama-sama menguntungkan. Selama, dijalankan dengan penuh komitmen dan juga dedikasi.

Baik komitmen maupun dedikasi akan terbentuk dengan sendirinya apabila usaha yang Anda kelola sesuai passion. Oleh karena itu, jika Anda bercita-cita menjadi seorang pengusaha sukses, maka mulai dari sekarang pikirkanlah passion yang sesuai. Misalnya, Anda memiliki passion di bidang olahraga khususnya sepakbola, berbisnis jersey klub-klub sepakbola bisa menjadi salah satu pilihan.

5.   Berani Untuk Mengambil Risiko
Pengusaha sukses adalah orang yang sudah terbiasa menghadapi berbagai macam pilihan dan memilih salah satunya. Serikangkali saat memilih, Ia akan dihadapkan pada potensi risiko bernama kegagalan. Akan tetapi, karena analisis dan tekadnya yang sudah bulat, maka Ia putuskan untuk mengambil risiko dengan menentukan pilihan.

Jika Anda bercita-cita ingin menjadi seorang pengusaha sukses, sikap berani mengambil risiko tentu perlu dibiasakan. Namun, berani mengambil risiko bukan berarti Anda melangkah dengan buta atau berharap sepenuhnya pada keberuntungan. Dalam konteks ini, kemampuan mengambil risiko yang dimaksud adalah mengkalkulasikan peluang keberhasilan dan kegagalan yang ada.

6.   Tentukan Target, Mengujinya dan Melakukan Evaluasi
Cara ini bisa mulai diterapkan apabila Anda sudah menemukan bidang usaha yang sesuai dengan passion. Pada tahap ini, Anda bisa membuat sebuah draft rencana bisnis dilengkapi target yang hendak dicapai. Setelah itu, Anda perlu melakukan uji coba guna menilai kelayakan dari bisnis ini. Apakah mampu mendatangkan keuntungan atau tidak.

Agar hasil uji coba lebih valid, Anda bisa melakukan uji coba sample dengan memasarkan produk atau jasa secara gratis kepada konsumen. Penerapan ini bertujuan untuk mengetahui feedback dari konsumen terhadap usaha yang akan Anda jalankan. Ketika hasil feedback telah diketahui, Anda dapat memikirkan cara untuk memperbaiki aspek-aspek bisnis yang masih kurang optimal.

7.   Membuat Rencana Bisnis
Setelah mengetahui kelebihan dan kelemahan bisnis yang akan dijalankan, kini saatnya Anda mulai merencanakannya. Perencanaan bisnis harus Anda rancang secara serius dan dibuat dengan detail. Sebab rencana ini akan Anda gunakan sebagai pedoman menjalankan bisnis untuk mencapai tujuan dalam jangka waktu tertentu. Umumnya, ada beberapa poin rencana bisnis yang perlu Anda pikirkan.

·       Visi dan misi bisnis yang jelas, dalam artian menggambarkan tujuan secara luas dan berjangka panjang. 
·       Melakukan identifikasi target pasar, meliputi penentuan calon konsumen dan pemilihan strategi promosi yang akan diterapkan.
·      Mengetahui siapa saja yang menjadi pesaing bisnis Anda serta mempertimbangkan kelebihan dan kelemahan Mereka.
·       Kondisi pasar teraktual serta prediksi perkembangannya di masa depan.
·       Strategi pemasaran bisnis yang akan diaplikasikan termasuk mengetahui secara jelas motif penggunaannya.

8.   Mempersiapkan Modal Usaha
Berproses menjadi pengusaha sukses memang membutuhkan kerja keras dan cerdas. Tetapi, Kita semua tidak dapat memungkiri bahwa untuk menjalankan sebuah bisnis tentu membutuhkan modal dengan nominal tertentu. Oleh sebab itu, sebagai persiapan menapaki gerbang kesuksesan dalam berwirausaha, Anda juga perlu mempersiapkan modal.

Modal untuk menjalankan bisnis bisa berasal dari uang milik Anda pribadi. Selain itu, Anda juga dapat diperoleh dengan mengajukan pinjaman kredit dari bank. Disamping kedua cara tersebut, modal usaha juga bisa Anda peroleh dari investor. Tetapi, dalam memilih investor sebagai rekanan bisnis, usahakan Anda memilih dari orang terdekat. Misalnya, sahabat, orang tua atau pun saudara.  

Menjadi seorang pengusaha sukses tentu akan menjadi kebanggan tersendiri bagi Anda. Selain bangga karena berhasil mewujudkan cita-cita, Anda juga bisa lebih bermanfaat bagi orang lain. Dikarenakan Anda juga menjadi bagian yang menciptakan lapangan pekerjaan baru. Supaya kedua aspek itu Anda rasakan, beberapa cara menjadi pengusaha sukses di atas bisa mulai diterapkan.  







Belum ada Komentar untuk "Berawal dari Hal Kecil, Inilah 8 Cara Menjadi Pengusaha Sukses yang Wajib Dipahami"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel