iklan atas

Cara Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Terpal, Tembok, Tanah, Dll Terbaru 2019

Budidaya Ikan Gurame - Ikan air tawar merupakan ikan yang sama-sama laris seperti halnya ikan laut. Salah satu ikan air tawar yang punya banyak sekali penggemar yaitu ikan Gurameh. Maka dari itu kita dapat dengan mudah menemukan orang yang melakukan budidaya ikan gurame. Baik itu untuk ternak maupun rumahan
Untuk budidaya yang paling banyak digunakan saat ini yaitu budidaya ikan gurameh kolam terpal, selain itu ada juga yang mencoba menggunakan budidaya ikan gurame dalam drum, do kolam beton maupun kolam tanah. Untuk Anda yang mencoba budidaya ikan satu ini, maka ikuti tata cara pembudidayaan dengan berbagai media berikut.

Cara Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Terpal, Tembok, Tanah, Dll Terbaru 2019

Untuk Anda yang masih bingung mau pakai cara apa dalam pembudidayaan ikan air tawar ini, maka berikut ini beberapa cara yang dapat Anda gunakan :

1. Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Terpal


Untuk Anda yang akan menggunakan media kolam terpal dengan budidaya ikan gurame sistem bioflok, maka ikuti dulu beberapa hal mengenai cara budidaya ikan gurame di kolam terpal berikut ini :
  • Kolam Terpal. Untuk kolam yang akan digunakan bisa membuat sendiri maupun beli. Usahakan untuk memberikan ikan cukup banyak ruang disini, maka jangan terlalu banyak ikan yang di taruh dalam satu kolam. Lalu untuk perawatannya sendiri tentu saja akan sangat mudah karena memang kolam ini dilengapi dengan saluran pembuangan yang dapat menyaring kotoran.
  • Perawatan air pada kolam. Usahakan jangan membuat air yang terlalu tinggi karena ikan bisa saja melompat. Selain itu juga jaga kandungan PH di dalamnya yait sekitar 6.5 sampai 7.5. Dengan suhu sekitar 24 - 28 derajat celcius. Jaga juga jangan terlalu kekeruhan dan mmeiliki pasokan oksigen yang cukup.
  • Memilih benih ikan gurameh. Ikan ini memiliki benih baik yang dapat kita lihat dengan mudah. Diantaranya yaitu punya fisik yang bagus dan tidak cacat, warna mengkilap serta pergerakan yang stabil dan agresif.
  • Pemberian makanan. Pakan Gurameh merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan dalam rangka menjaga Gurameh agar tumbuh dengan baik. Yang perlu diingat disini yaitu kalau Gurame gak boleh 100 % mengkonsumsi makanan ikan buatan pabrik saja, akan tetapi harus dilengkapi dengan makanan natural. Misalnya saja dengan memberikan beberapa daun-daunan.
  • Pemberian obat untuk penyakit. Ikan air tawar satu ini merupakan salah satu ika yang gampang sekali terserang penyakit. Maka dari itu usahakan untuk memberikan obat dan jugapencegahan lainnya dalam makanan.
  • Lalu karena disini kita menggunakan sistem bioflok, maka kita akan mencoba membuat mikroorganisme di dalamnya membuat gumpalan sebagai makanan ikan yang menjadikannya memiliki pertumbuhan bagus serta lebih cepat untuk di panen. Untuk lebih lengkapnya Anda bisa mendownload Materi Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Terpal PDF. Tonton juga video berikut ini :

2. Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Tembok


Kolam tembok juga merupakan salah satu yang banyak digunakan, terutama karena kalau kita lihat dari segi ketahanannya jauh lebih kuat. Dan untuk Anda yang akan menggunakan cara budidaya ikan gurame kolam beton di lahan sempit ini, ikuti beberapa lankah berikut :
  • Persiapan lahan. Lahan yang akan digunakan usahakan adalah lahan yang berada dalam ketinggian cukup dan tidak berdekatan dengan aliran kali atau sungai. Selian itu pilihlah lahan yang cukup luas.
  • Pembuatan kolam. Seperti pembuatan kolam pada umumnya, kalau sudah mengering nantinya jangan langsung digunakan. Akan tetapi beri beberapa perawatan agar segala zat berbahaya bisa hilang.
  • Penebaran benis. Benih ini akan kita sebar setelah kolam benar-benar siap untuk digunakan. Kita bisa trlebih dahulu mengisi kolam. Setelah itu kita bisa menebar ikan dengan cara masukan dulu dawam wadah. Setelah itu masukan wadah dalam air kolam dan biarkan ikan gurameh agar bisa berenang sendiri.
  • Pemberian pakan. Ikan ini juga akan membutuhkan berbagai sumber nutrisi yang penting. Jangan lupa juga untuk rutin memberikan makan dengan jadwal yang stabil. Jangan lupa juga memberikan beberap daun-daunan seperti daun talas, singkong dan sebagainya untuk tambahan makanan.
  • Perawatan. Perawatan disini berupa perawatan kolam. Usahakan untuk sering dalam mengganti air yang ada dalam kolam beton agar nantinya segala penyakit dan hama bisa berkurang.
  • Pemijahan. Ikan Grame adalah ikan yang terkanal dapat bertelur kapan saja. Hal ini yang harus kita perhatikan dengan menyiapkan kolam khusus untuk pemijahan ikan.
  • Kolam perawtaan ikan kecil. Ikan satu ini seringkali sifat kanibalnya terasa sekali, maka dari itu perlu untuk dijaga dalam pemisahan antara ikan dengan ukuran berbeda.
  • Panen. Proses panen ini tergantung sama kebutuhan pasar. Saat Anda akan memanennya usahakan pada saat sushu sedang rendah. Misalnya pada pagi atau sore hari. Lebih lengkapnya lagi Anda dapat mendownload Materi Budidaya Ikan Gurame PDF. Anda juga bisa melihat contoh video budidaya ikan gurame dengan kolam beton berikut :

3. Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Tanah


Anda yang ingin tahu bagaimana cara budidaya ikan gurame yang baik yang baik, maka ikuti beberapa lanngkah berikut ini :
  • Mngetahui jenis kelamin ikan. Hal ini agar nantinya bisa mengetahui saat sedang masa pemijahan.
  • Seleksi induk. Ini untuk mendapatkan mana induk terbaik dalam ternak ikan gurame yang kita lakukan.
  • Persiapan tempat. Usahakan untuk memilih tempat yang cukup luas dan harus dekat dengan sumber air. Usahakan juga air yang terdapat disana memiliki debet tidak kuran dari 15 - 20 m.
  • Pemijahan. Ikah indukan yang akan kita pijahkan biasanya membutuhkan waktu sampai dengan 2 minggu sampai bisa berinteraksi dan bisa melakukan pemijahan dengan baik.
  • Pemberian pakan. Sama seperti beberapa cara di atas. Untuk pemberian pakan juga selain dengan pelet dilengkapi dengan daun-daunan. Untuk pemberian makan usahakan 3 kali sehari. Pagi, siang dan sore.
  • Perawatan kolam. Karena ini adalah kolam tanah, maka seringkali cenderung akan bisa lebih gelap dan keruh. Maka kita bisa kangsung memberishkannya dengan cara membuah sebagian air lalu mengisinya lagi dengan yang baru.
  • Mengetahui ukuran ikan guremah. Kita juga harus dapat memisah-misahkan ikan ternak kita dengan baik.
  • Panen. Biasanya pada sebuah kolam baik itu beton ataupun tanah akan terdapat kolam kecil di bagian tengahnya. Kolam inilah yang akan berguna dalam proses panen. Karena saat kita membuat air untuk proses panen, maka ikan-ikan akan berusaha mencari tempat dengan kedalaman lebih baik.
  • Setelah panen. Usahakan jangan menyimpan ikan terlalu banyak dalam satu wadah. Karena hal ini akan bisa membuat ikan malahan mati. Lihat juga contoh budidaya dalam kolam tanah berikut :
Sebenarnya Anda juga bisa melakukan budidaya ikan gurame di aquarium kalau itu ikan hias. Akan tetapi kalau untuk ternak, mungkin bisa meminta modal proposal usaha budidaya ikan gurame padapemerintah dulu. Jangan dilewatkan peluang bisnis ini karena di beberapa daerah juga sudah membuktikan banyak sekali keuntungan.
Sentra budidaya yang dapat kita contoh antara lain budidaya ikan gurame di medan, budidaya ikan gurame cirebon jawa barat, medan, padang purwakarta, cianjur dan sebagainya yang memang memiliki banyak penghasilan dan juga sangat produktif untuk memasarkan hasil panen mereka ke pasaran. Apakah Anda sudah tertarik?


Belum ada Komentar untuk "Cara Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Terpal, Tembok, Tanah, Dll Terbaru 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel