iklan atas

Budidaya Ikan Nila Di Kolam Beton, Terpal, Ember, Tanah, Dll Terbaru 2019

Budidaya Ikan Nila - Ikan Nila memang menjadi salah satu ikan konsumsi terbaik yang banyak disukai masyarakat. Terutama karena memang dapat diolah menjadi berbagai masakan yang enak dan gurih khas Indonesia. Apalagi kalau kita tambah dengan sambal pastinya menjadi lebih enak lagi. Dengan banyaknya kebutuhan pasar akan ikan Nila, maka inilah yang membuat banyak pebisnis mulai melirik usaha budidaya ikan nila merah dan hitam.
Budidaya ini sebenarnya akan dengan mudah sekali untuk kita temukan. Dan ada banyak sekali cara atau metode berbeda yang digunakan. Misalnya saja seperti budidaya ikan nila merah di kolam terpal, budidaya ikan nila bioflok, di kolam tanah, kolam beton dan sebagainya. Ada juga yang menggunakan budidaya ikan nila di keramba jaring apung. Akan tetapi yang jadi favorit tentu saja adalah budidaya ikan nila terpal.

Cara Budidaya Ikan Nila

Untuk Anda yang saat ini belum memiliki pekerjaan atau bisnis yang baik, maka dengan menjalankan bisnis ternak nila menjadi suatu hal yang sangat bagus. Mengingat kalau permintaan pasar akan ikan ini yang ternyata bisa dibilang sangat besar sekali belakangan ini. Apalagi kalau kita melihat pemeliharaannya itu mudah sekali. Bisa dikembangbiakan pada berbagai macam jenis kolam yang berbeda-beda.
Untuk beberapa jenis kolam yang sangat umum juga digunakan pada pengembangbiakan ikan lain juga sangat bisa buat mengembangkan ikan Nila. Baik itu kolam beton,tanah ataupun terpal. Pada dasarnya ikan ini memang bisa dikembangkan pada berbagai macam kondisi yang berbeda-beda. Karena ikan ini juga bisa hidup secara liar di aliran sungan maupun kali yang memiliki aliran air bagus ada juga yang buruk.
Akan tetapi karena yang akan kita kembangkan disini yaitu adalah ikan untuk bisnis atau buat dijual. Maka sebaiknya benar-benar harus memperhatikan tempat perkembangbiakan ikan, selain itu kita juga harus memperhatikan pasokan oksigen dalam air yang cukup. Dan satu lagi yang juga gak boleh dilupakan yaitu mengenai pakan yang akan memuat ikan nila cepat tumbuh dan sehat. Sehingga nilai jualnya menjadi tinggi.

Budidaya Ikan Nila Di Kolam Beton, Terpal, Ember, Tanah, Dll Terbaru 2019
Untuk Anda yang masih bingung mau pakai cara apa dalam mengembangbiakan ikan nila, mungkin bisa membaca beberapa cara budidaya berikut ini :

1. Budidaya Ikan Nila Kolam Beton

Untuk proses budidaya ikan nila kolam beton ini sama halnya dengan budidaya ikan nila di kolam tanah. Yaitu pertama membutuhkan perawatan yang sangat intensif pada kolam sebelum nantinya siap untuk digunakan  melakukan proses budidaya ikan nila super intensif. Untuk lebih lengkapnya lihat saja di bawah ini :
Mempersiapkan kolam ikan nila. Proses pertama yang harus dilakukan setelah kolam kita jadi yaitu biarkan dulu beberapa hari agar bisa melakukan proses pengapuran. Setelah itu mulai masukan air sedikir saja ditambah dengan pupuk kandang. Setelah itu buang air dan semprotkan kolam dengan menggunakan pestisida.Setelah itu proses terakhir memberikan air lagi sekitar 30 cm. Pada tahap ini jangan lupa memasukanbeberapa tanaman yang dapat menghilangkan racun. Seperti daun singkong, pisang dan sebagainya. Lalu setelah satu minggu benih siap di masukan dalam kolam.
Untuk benih yang sebaiknya di beli yaitu yang ukurannya 8 - 12 meter. Selain itu jangan lupa juga untuk menaruhnya secara bergantian dan jangan langsung di tabur semua. Usahakan menaruh benih 15 ekor per meter.
Pemeliharaan ikan nila. Disiniada 3 hal penting yang wajib untuk dilakukan. Pertama yaitu pengelolaan air, pemberian pakan serta pengendalian penyakit atau hama. Untuk pengelolaan air yang baik usahakan agar rutin dalam mengganti air. Tidask usah dibuang semua airnya. Cukup 1/3 saja, lalu isi dengan air yang baru. Lalu kalau untuk pakan juga harus diberikan 3 kali dalam sehari. Lalu yang tak kalah penting yaitu adalah pemberian anti racun untuk amoniac agar hama atau penyakit gak datang.
Panen. Pada proses ini bisa dilakukan setelah ikan nila mencapai umur 4 - 6 bulan. Dengan kisaran berat pada saat itu adalah sekitar 300 - 500 gr per ekor. Cara memanen ikan ini cukup dengan membuang air agar proses panen dapat berjalan lebih cepat. Untuk lebih lengkapnya mengenai  budidaya ikan nila gesit dapat dilihat pada video budidaya ikan nila di kolam terpal berikut ini :

2. Budidaya Ikan Nila Di Kolam Terpal

Buat Anda yang mau melakukan budidaya ikan nila kolam terpal, maka bisa sangat menguntungkan sekali. Terutama karena memang modalnya lebih kecil dan bisa dilakukan dirumah. Berikut ini beberapa persiapan yang perlu dilakukan :
Persiapan kolam. Untuk kolam perkembangbiakan budidaya ikan nila sistem bioflok ini sebenarnya bisa dilakukan sesuai dengan jumlah ikan yang akan di tebar nantinya. Misalnya saja kalau mau 500 ikan per kolam, maka akan membutuhkan kolam dengan ukuran sekitar 2x3 meter. Sebenarnya Anda gak perlu untuk membuatnya sendiri, karena sekarang juga banyak yang telah menjualnya.
Membeli benih. Pembelian benih ikanj sebenarnya dimana-mana sama. Yaitu memilih ikan yang memiliki fisik bagus, gerak lincah dan juga gak aneh pergerakannya.
Menabur benih ikan. Sebelumnya terlebih dahulu untuk menabur prebiotik pada kolam. Hal ini dilakukan sekitar 7 - 10 hari sebelum ikan akan ditabur dikolam.
Pakan. Pakan yang sangat direkomendasikan yaitu azolla dan vitamin. Pemberian pakan ini juga setelah tiga hari ikan telah berada di dalam kolam. Dengan pemberian pakan seperti ini nantinya juga akan membantu dalam proses perkembangan mikroorganisme di dalam kolam.
Perawatan ikan nila. Perawatan yang akan dilakukan sebenarnyamudah saja. Yaitu dengan pemberian pakan yang cukup dan mengganti air secara berkala. Selain itu saya harap selalu menyortir ikan dengan ukuran yang sama. Karena ikan ini memang memiliki sifat kanibal.
Panen ikan nila. Panen ini akan dilakukan setelah 4 - 6 bulan. Akan tetapi bisa berbeda-beda antar jenis ikan nila yang beda. Selain itu beberapa faktor seperti pemberian pakan ikan yang berkualitas serta aliran air yang bagus juga memilikiandil penting. Hal inilah yang membuat analisa usaha budidaya ikan nila di kolam terpal menjadi sangat menguntungkan. Gambarannya dapat Anda lihat di video berikut :

3. Budidaya Ikan Nila Di Ember

Apakah Anda pernah berpikiran untuk usaha budidaya ikan nila di dalam rumah hanya dengan menggunakan ember? Maka hal ini bukan mimpi. Karena bisa dilakukan dengan sangat bisa sekali. Akan tetapi harus memperhatikan beberapa hal berikut ini :
Mengetahui kemampuan dan ketersedian material pelengkap lainnya. Ternak ikan di dalam ember itu beda sama budidaya ikan nila kolam tanah atau yang lainnya itu sangat beda. Kita harus membutuhkan banyak ember, ruangan serta sistem pengairan yang baik. Maka dari itu usahakan untuk mencoba membuat niat Anda membudidayakan ikan untuk bisnis ini agar lebih kuat.
Mengetahui bagaimana regulasi yang berlaku. Harus memperhatikan juga bagaimana regulasi mengenai peternakan ikan pribadi di dalam rumah. Apalagi kalau Anda akan memiliki modal banyak buat budidaya secara lebih besar.
Menyusun rencana dan budget. Rencana ini akan sangat bagus sekali untuk Anda agar nantinya bisa mengetahui bagaimana nantinya bisa menjalankan usaha dengan baikdan sesuai dengan rancana sebelumnya. Budget atau modal sebelumnya juga harus diperhatikan sekali. Jangan sampai nanti kekurangan modal yang akan berakibat sangat fatal pada proses perkembangan bisnis budidaya ikan Anda ini.
Mengatur sistem pembudidayaan ikan. Karena kita akan membudidayakan ikan dengan menggunakan ember berukuran besar, maka yang sangat perlu untuk diperhatikan disini yaitu sistem pengairan yang tepat.
Menyebar ikan ke ember yang telah disiapkan. Usahakan sesuaikan dulu air yang ada didalamnya denngan yang disukai oleh nila, yaitu yang kadar phnya rendah. Selain itu jangan menaruh ikan dengan ukuran yang berbeda. Harus sama ukuran ikan pada setiap tempat agar tidak ada kanibalisme.
Merawat dan membesarkan ikan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu susu yang berada dalam 80 - 100 F. Kalau perlu sediakan juga termometer. Jangan lupa juga untuk memberikan anti amoniac agar ikan bisa tumbuh dengan sehat dan cepat besar.
Masa panen. Kalau telah dalam masa panen, maka sekarang bisa langsung di pasarkan maupun buat Anda konsumsi sendiri. Berikut ini beberapa video perkembangan ikan nila di ember :
Download Materi Cara Budidaya Ikan Nila Di Kolam Terpal, Beton, Ember, Dll Terbaru 2019
Buat Anda yang menginginkan download materi budidaya ikan nila di kolam terpal pdf ini lebih lanjut dapat di download di link berikut :
Link Materi Budidaya Ikan Nila PDF
Sebenarnya  bisnis budidaya ikan ini telah berkembang sangat pesat. Diberbagai daerah juga ada banyak sekali. Misalnya saja budidaya ikan nila di pekanbaru, Medan, Karawang, Bekasi, Tangerang, Surabaya dan sebagainya. Bagaimana, apakah Anda sudah tertarik?

Belum ada Komentar untuk "Budidaya Ikan Nila Di Kolam Beton, Terpal, Ember, Tanah, Dll Terbaru 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel