iklan atas

Cara Budidaya Ikan Bawal Di Kolam Terpal, Tembok, Tanah, Dll Terbaru 2019

Budidaya Ikan Bawal - Melakukan budidaya ikan bawal air tawar memang terbilang akan sangat menjanjikan sekali. Karena kebutuhan masyarakat akan ikan satu ini memang terbilang sangat besar sekali. Banyak sekali orang yang menyukainya sebagai ikan konsumsi. Baik itu akan digunakan sebagai ikan goreng, bakar maupun di sup.
Maka dari itu sekarang ada banyak sekali orang yang melakukan usaha budidaya ikan bawal tawar. Terutama karena memang pendapatan orang-orang akan bisnis ini yang terbilang sangat besar sekali. Hal inilah yang memang menjawab pertanyaan seperti mengapa budidaya ikan bawal mempunyai prospek usaha yang baik.

Cara Budidaya Ikan Bawal Di Kolam Terpal, Tembok, Tanah, Dll Terbaru 2019
Kalau Anda mau membudidayakan ikan bawal, maka tentukan dulu cara atau metode yang akan digunakan. Berikut ini beberapa cara yang lazim digunakan saat membudidayakan ikan tersebut :

1. Budidaya Ikan Bawal Kolam Terpal

Untuk Anda yang akan melakukan pembudidayaan ikan bawal air tawar dengan menggunakan kolam terpal, ikuti saja langkah-langkah mudah berikut ini :
  • Persiapan kolam
Dalam mempersiapkan kolam terpal, usahakan memilih terpal yang paling tebal dan kuat. Untuk tingkat ketinggian dari air paling tidak harus 50 cm. Selain itu saat kolam telah jadi dan diisi air, maka belum bisa digunakan. Lebih baik mendiamkan dulu selama 2- 3 hari. Setelah itu juga belum bisa digunakan dulu.
Akan tetapi dibiarkan lagi selama 7 hari dengan kemudian diisi menggunakan daun ketapang atau pepaya. Kedua daun ini akan dijadikan sebagai antiseptik yang bagus buat budidaya ikan bawal tanpa ganti air.
  • Memilih Benih Paling Bagus
Kalau kita mampu dalam memilih benih terbaik dengan kualitas paling tinggi, maka hal ini akan sangat berpengaruh sekali dalam keberhasilan budidaya yang kita lakukan. Untuk bibit yang harus dipilih usahakan adalah yang memiliki fisik sempurna, untuk ukurannya sendiri diantara 5 - 12 cm.
  • Penebaran Benih
Dalam penebaran ini, kita harus menggunakan teknik pendederan. Yaitu sebelum ikan akan dimasukan kedalam kolam. Maka biarkan ikan ada di dalam plastik dulu. Setelah itu masukan ikan dalam plastik ke dalam kolam. Hal ini agar ikan terbiasa dengan lingkungan terbarunya. Maka setelah 2 - 3 jam bisa dilepas ke kolam langsung.
  • Pemberian Pakan
Untuk pemberian pakan ini harus memperhatikan kandungan yang paling terbaik. Misalnya semua nutrisi dan juga kebutuhan dari si ikan ini bisa terpenuhi. Usahakan agar nantinya pakan ini mengandung lebih banyak protein. Dan untuk jumlah pemberian pakan, bisa dilakukan 4 kali dalam sehari.Pagi, siang, sore dan pada saat malam.
  • Panen Ikan Bawal
Untuk pemanenan ikan, bisa kita lakukan setelah 4 -5 bulan setelah ikan kita tebar dalam kolam. Biasanya pada umur saat ini akan memiliki berat sekitar 300 - 500 gr. Untuk memanennya juga sangat mudah sekali. Yaitu kita hanya perlu untuk menjaringnya saja dengan menggunakan jaring. Karena ikan juga tidak akan memiliki ruang yang luas.

2. Budidaya Ikan Bawal Di Kolam Tembok

Untuk Anda yang akan melakukan budidaya ikan bawal di kolam beton, berikut ini langkah-langkahnya :
  • Pemilihan lahan yang akan digunakan yaitu yang harus menggunakan tanah dengan tekstur lempung. Selain itu usahakan agar subur dan tingkat kemiringannya yaitu hanya 3 - 5 % saja.
  • Untuk lokasi pemeliharaan ikan diharapkan memilih di ketinggian antara 50 - 400 mdpl.
  • Selain itu untuk aliran air yang akan kita gunakan nantinya harus bersih. Yaitu terhindar dari segala macam limbar maupun zat berbahaya lainnya.
  • Suhu juga harus diperhatikan, usahakan memilih tempat pembudidayaan dengan suhu antara 26 - 28 derajat celcius.
  • Untuk dasar kolam seharusnya memang jangan terlalu keruh.
  • Kedalaman kolam yang akan kita gunakan nantinya, yaitu harus memiliki kedalaman diantara 80 - 100 cm saja.
  • Pemilihan Indukan. Untuk pemilihan indukan yang epat yaitu indukan yang memiliki tubuh langsing dengan warna yang cerah. Selain itu kalau kita menyentuh bagian perutnya akan terasa sedikit kasar. Usahakan juga memilih ikan yang memiliki pergerakan agresif dan juga sangat aktif.
  • Untuk indukan yang baik itu kalau yang jantan sekitar umur 3tahun sedangkan kalau yang betina itu hanya 4 tahun saja. Selain itu untuk berat yang harus dimiliki baik itu jantan ataupun betina adalah 2 kg.
  • Lalu kita akan melakukan pemijahan. Dalam proses ini sendiri nantinya kedua indukan akan kita suntikan sebuah hormon yang memang akan membuat ikan menjadi siap kawin. Setelah itu kita bisa untuk menyuntikan hormon ini dalam punggung ikan. Setelah itu bisa kita masukan ikan ke dalam kolam khusus pemijahan yang harus ditutup agar nantinya ikan gak melompat keluar.
3. Budidaya Ikan Bawal Di Kolam Tanah



Untuk Anda yang akan membudidayakan ikan bawal dengan menggunakan cara budidaya ikan bawal di kolam tanah, berikut ini langkah-langkahnya :
  • Persiapan kolam. Untuk kolam yang telah kita gali, maka biarkan sampai mengering dulu. Setelah itu bisa bisa mencoba untuk menggunakan kapur tohor maupun dolomit sebesar 25 kg/m2. Hal ini untuk meningkatkan ph di dalam kolam. Selain itu juga bisa menghilangkan hama dan penyakit. Setelah itu kita bisa melakukan pemupukan. Kalau sudah, selanjutnya kita bisa untuk memasukan air sedikit demi sedikit.
  • Membeli benih dan penebaran benih. Pada kali ini kita bisa mendapatkan benih sendiri maupun langsung saja membelinya. Sebelum memasukan ikan di dalam kolam, maka ikan yang masih berada dalam plastik itu nantinya kita masukan dulu dalam kolam. Hal ini aar ikan terbiasa sama lingkunyannya. Ikan bawal bisa kita masukan ke dalam kolam setelah plastik sedikit mengembun. Ini tandanya sudah sipa di tebar dalam kolam.
  • Pemberian pakan. Untuk pakan yang akan kita berikan bisa berupa pelet ataupun daun-daunan. Hal ini sendiri karena ikan ini memiliki sifat omnivoras. Usahakan memberikan pakan yang kaya akan protein, karbohidrat, vitamin dan berbagai macam kebutuhan si ikan lainnya. Nantinya ikan kita akan bisa tumbuh besar lebih cepat.
  • Panen. Pada masa panen ini juga sama kalau kita melakukan pada beberapa cara di atas, yaitu setelah 4 - 6 bulan. Karena kita menggunakan kolam tanah, maka sebelumnya bisa membuang sedikit demis edikit air di dalam kolam. Lalu untuk menangkapnya bisa menggunakan jaring yang memiliki mata lebih lebar.
  • Setelah ikan berhasil kita panen, maka selanjutnya kita bisa untuk memasukannya dalam wadah. Akan tetapi jangan terlalu banyak memasukan ikan bawal hanya dalam satu wadah. Selain itu usahakan ada air mengalir di dalamnya. Agar ikan bisa bernafas dengan baik dan tidak stres.
Budidaya Ikan Bawal Air Tawar PDF
Untuk Anda yang mau mendownoad materi lengkapnya download saja di link berikut ini :
Video Cara Budidaya Ikan Bawal
Sebelum Anda akan melakukan bisnis ini, usahakan melakukan analisa usaha budidaya ikan bawal dulu. Selain itu pilih mana jenis yang akan dibudidayakan. Apakah itu ikan bawal bintang, nasa, putih dan sebagainya.


Belum ada Komentar untuk "Cara Budidaya Ikan Bawal Di Kolam Terpal, Tembok, Tanah, Dll Terbaru 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel