iklan atas

Budidaya Ikan Lele Bisnis Yang Menguntungkan

Budidaya Ikan Lele - Setelah kita lulus sekolah atau kuliah dan belum punya pekerjaan tetap, alangkah baiknya untuk mencoba beberapa bisnis wirausaha yang sangat menjanjikan. Salah satu usaha yang bisa di coba yaitu dengan mencoba budidaya ikan lele. Budidaya ikan satu ini terbilang memang memiliki ntingkat keberhasilan cukup tinggi apabila kita mampu melaksanakan semua prosedurnya dengan baik.

Dan yang paling banyak diinginkan dan dicoba dalam bisnis ini sendiri yaitu pengetahuan bagaimana budidaya ikan lele cepat panen. Baik itu dengan menggunakan wadah budidaya ikan lele yang snagat beraneka ragam sekali. Seperti ikan lele di kolam fiber, tanah, beton terpal dan lainnya. Dan berbagai temoat lainnya, baik itu di tempat tertutup seperti di dalam rumah maupun di tempat terbuka.

Budidaya Lele Kolam Bisnis Yang Menguntungkan

  
Bisnis budidaya ikan air tawar merupakan salah satu usaha yang sangat menjanjikan sekali. Terutama karena memang banyak sekali keuntungan yang dapat kita raih. Salah satu ikan air tawar yang memiliki nilai jual yang bagus adalah ikan lele. Memang tidak salah lagi karena ikan lele memiliki banyak sekali penggemar dan menjadikan kebutuhan akan pasokan ikan lele di pasaran menjadi selalu banyak sekali.

Alasan lainnya kenapa ikan lele itu banyak sekali dibudidayakan karena memang sangat gampang untuk dipelihara. Bahkan walaupun kita menggunakan tempat perkembangan ikan yang memiliki kualitas buruk. Baik itu untuk keadaan kolamnya maupun keadaan aliran air yang disediakan. Walaupun bergitu tetap saja sangat diperlukan bagaimana cara mengembangkan ikan menjadi memiliki perkembangan cepat dan banyak.

Untuk beberapa jenis ikan yang sering dibudidayakan ada bnyak sekali. Diantaranya ada yang melakukan budidaya ikan lele sangkuriang, budidaya ikan lele dumbo, budidaya ikan lele nasa, ikan lele mutiara dan maqsih banyak lagi yang lainnya. Budidaya ikan seperti ini ternyata dapat dengan mudah untuk kita temui diseluruh wilayah Indoneisa.

Misalnya saja kita bisa melihat budidaya ikan lele organik bioflok kota medan sumatera utara dan cirebon jawa barat. Disana memang bisa dibilang menjadi salah satu sentra yang cukup besar. Selain itu menurut beberapa wawancara budidaya ikan lele memang telah dihasilkan beberapa ernyataan kalau bisnis budidaya mereka sangat menguntunkan sekali. Sehingga banyak juga orang yang mencobanya. Tak ketinggalan para anak muda.

Cara Budidaya Ikan Lele Di Kolam Terpal Bioflok, Beton, Tanah, Dll Terbaru 2019

Cara budidaya ikan ini sangat banyak, berikut ini adalah beberapa contohnya :

1. Budidaya Ikan Lele Sistem Bioflok
  

Pertama saya akan membahas tentang budidaya ikan lele terpal bioflok. Walaupun ada juga yang menggunakan terpal akan tetapi bukan bioflok. Sistem bioflook sendiri yaitu berupa sistem pemeliharaan ikan dengan cara menemnpatkannya pada wadah atau tempat yang cukup sempit. Disini sangat mementingkan tinjgkat tebar ikan yang pas. Selain itu dalam wadah ini nantinya akan dilengkapi dengan berbagai mikroorganisme.

Disini ikan lele juga akan mendapatkan pasokan makanan tanpa kita harus mengeluarkan biaya lebih banyak. Karena ternyata dalam sistem ini kotoran ikan lele akan menggumpal dan bercampur dengan alga, ganggang dan juga bakteri. Semua hal inilah yang sebenarnya menjadi makanan asli ikan. Makanya metode satu ini menjadi sangat efektif sekali. Untuk Anda yang belum tahu bagaimana secara rincil, berikut ini pembahasannya :

Persiapan kolam budidaya ikan lele bioflok. Pertama Anda terlebih dahulu harus menyiapkan beberapa bahan dahulu. Di9antaranyaadalah terpal, pagar besi dan paralon ukuranj 3/4''. Pertama buat dulu lubang ukuran 1,5 sampai 2 meter dengan kedalaman 30 cm. Setelah itu langsung saja pasang kerangka pagar besi dan juga terpal untuk mengelilinginya. Jangan lupa juga untuk membuat aliran air yang bagus dengan menggunakan paralon yang sebelumnya telah kita buat.

Persiapanjair kolam. Seperti namanya, bererti di8 dalamnya akan ada mikroorganisme hidup yang akan digunakan sebagai makanan ikan. Ini bisa berupa gumpalan alga, ganggang maupun bakteri yang sebelumnya dapat diperoleh dari pupuk kandang.

Pembesaran bibit ikan. Untuk pembesaran ini sebaiknya pilih ikan yang telah berusia lebih dari 1 bulan saja. Selain itu rutin juga untuk memilih-milihkan dan menyortir ikan lele dengan ukuran yang berbeda.

Cara pemberian pakan. Walaupun sudah ada makanjan alami. Akan tetapi tetap membutuhkan pakan. Disini kita harus bisa seefektiv mungkin. Yaitu dengan cara memberikan pelet basah pada tiga sisi dalam kolam. Selain itu usahakan memberikajn pakan dua kali sehari saja.

Menambahkan prebiotik. Mikroorganisme yang sangat berperan sekali dalam proses ini akan semakin berkura apabila ikan lele semakin dewasa. Apalagi seperti kita tahu ikan lele itu benar-benar sangat rakus. Maka dari itu perlu diberikan prebiotik agar mikroorganismenya gak hilang. Gak beda kaya budidaya ikan lele di drum dan budidaya ikan lele dalam ruangan tertutup.

Panen ikan. Karena kita menggunakan tempat perkembangan ikan lele di lahan sempit, maka akan lebih mudah lagi buat kita memanennya. Untuk budidaya ikan lele sistem boster ini sendiri pada masa panennya bisa 15 - 20 hari leih cepat kaau kita bandingkan dengan cara yang biasa. Tak lain karena memang pemenuhan semua nutrisi yang jauh lebih banyak dan tercukupi sekali. Untuk gambarannya Anda dapat melihat video budidaya ikan lele kolam terpal bioflok berikut ini :


2. Budidaya Ikan  Lele Di Kolam Beton
  

Kalau Anda gak mau pakai cara di atas, mungkin bisa mencoba budidaya ikan lele kolam tanah. Disini kita juga bisa mencoba untuk budidaya ikan lele tanpa pakan karena mengembangkan ikan lele organik. Seperti apa caranya?

Persiapan kolam. Unttuk kolamnya sebenarnya terserah mau ukuran berapa. Akan tetapi yang perlu di perhatikan yaitu pada konstruksinya.; Usahakan sedikit melandai sekitar 5 derajat ke arah pembuangan. Jangan lupa juga untuk membuat aliran air yang bagus disini.

Pengairan kolam. Usahakan setelah kolam itu ker8ing dan jadi, jangan langsung diisi pakai air.Karena pada beberapa kasus ada lele yang keracunan karena beton yang baru. Usahakan agar menyiapkan kolam satu bulan sebelum diisi lele. Untuk menghilangkan racunnya, maka bisa sebelumnya mengisi kolam sampai penuh lalu masukan batang pisang. Setelah itu buarkan sampai membusuk dan membantu menghilangkan racun.

Persiapan bibit ikan. Usahakan untuk memilih benih yang bagus dan tidak cacat. Lalu setelah akan dimasukan kedalam kolam, usahakan masukan dulu dalam wadah atau ember. Hal ini untuk membuat si ikan menjadi terbiasa dengan lingkungan baru. Untuk cara penebarannya yaitu masuikan wadah atau ember ke dalam air lalu biarkan ikan lele yang ada didalamnya keluar sendiri.
Pemberian ikan. Untuk pemberian pakan sebaiknya dilakukan hari keempat setelah ikan itu di tebar. Hal ini agar nantinya ikanj bisa terbiasa menfcari makan liar dalam tiga hari pertama. Lalu pada hari keempat baru kasih pakan. Jangan lupa untuk memberikan pakan yang dilengkapi dengan nutrisi serta prebiotik terbaik buat ikan.

Panen. Masa panenj sendiri sebenarnya berbeda-beda. Akan tetapi kisarannya yaitu sekitar 2- 3 bulan. Dimasa inilah kita mulai bisa memasarkan ikan yang kita budidayakan. Lihat juga video budidaya ikan lele kolam beton berikut ini :

3. Budidaya Ikan Lele Di Kolam Tanah
  

Berikut ini adalah beberapa persiapan pembudidayaan ikan lele pemula yang perlu dilakukan :

Persiapan kolam. Pertama Anda harus menggali kolam dengan ukuran 90 – n120 cm. Setelah itu biarkan sampai mengering. Jangan lupa juga untuk menggemburkan tanahnya. Karena di tanah ada kandungan asam yang tidak disukai oloeh lele, maka rterlebih dahulu Anda bisa memasukan kapur tohor. Biarkan sampai 7 hari. Setelah itu sebarkan juga pupuk kandang agar tanah semakin bagus. Lalu tinggal isi kolam dengan ikan.

Bibit ikan lele. Bibit ini usahakan adalah yang benar-benar sehat dari ujung kepala sampai ke ekor. Selain itu pilihlah yang selalu bergerak dengan aktif. Dan jangan pilih yang memiliki warna berbeda. Karena dimungkinkan itu adalah ikan lele yang cacat.

Menebar bibit lele. Terlebih dahulu sebelum menebar bibit ke kolam, masukan dulu kedalam wadah agar nantinya semua bzat berbahaya di dalamnya bisa menghilang. Lalu selanjutnya bisa langsung di tebar secara perlahan saja. Takutnya ikan itu malahan bisa stres.

Pemberian pakan. Pemberian pelet atau pakan memang sangat penting. Jangan segan untuk memberikan pakan terbaik dengan kandunga nutrisi paling baik juga. Selain itu untuk pemberin pakannya usahakan 3 kali sehari. Yaitu pada saat pagi, siang dan sore.

Panen. Untuk proses yang satu ini bisa dilakukan setelah 90 hari sejak bibit di tebar. Dalam proses pemanenannya pertama menguras air di dalamnya. Setelah itu jaring ikan secara pelan-pelan dan masukan ke dalam ember. Lebih lengkapnya cek juga video berikut ini :



Buat Anda yang ingin punya penjelasan leih lengkap, silahkan untuk mendownload materi berikut :
Link Download Materi Budidaya Ikan Lele PDF
Sebenarnya gak peduli mau budidaya ikan lele dalam tong, bioflok, kolam beton maupun kolam tanah. Yang penting adalah bagaimana kita bisa memberikan tempat dan pakan terbaik untuk ikan kita agar bisa berkembang dengan baik dan tumbuh besar dengan cepat. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa lagi.

Belum ada Komentar untuk "Budidaya Ikan Lele Bisnis Yang Menguntungkan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel