iklan atas

7 Peluang Bisnis Modal Kecil yang Cocok Untuk Usaha Sampingan

Ketika sudah memasuki usia dewasa, Anda tentu dituntut untuk lebih bijak dalam mengelola uang. Salah satu langkah bijak yang bisa Anda terapkan supaya keuangan terkelola dengan baik ialah menyisihkan sebagian gaji untuk usaha sampingan. Sesuai dengan namanya, usaha sampingan adalah peluang bisnis modal kecil sehingga dari aspek finansial Anda tak begitu kesulitan.



Namun, masalah yang mungkin akan Anda temui saat ingin memulai usaha sampingan biasanya adalah persoalan ide. Pada faktanya, permasalahan mengenai ide usaha sampingan memang merupakan gejala umum yang sering dialami pebisnis pemula. Agar Anda sedikit terbantu, di bawah ini terdapat beberapa peluang bisnis bermodal kecil yang bisa dijalankan sebagai usaha sampingan.

Les Privat

Jasa mengajar privat baik untuk siswa SD, SMP maupun SMA dianggap sebagai salah satu bisnis sampingan yang potensial. Ini dikarenakan setiap orang tua siswa pasti menginginkan anaknya rajin belajar agar prestasi akademiknya bagus. Solusi praktis yang sering digunakan oleh Mereka untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan memanfaatkan jasa les privat.

Apalagi seiring dengan semakin berkembangnya pemikiran orang tua, permintaan les privat yang diinginkan bukan sekedar mata pelajaran sekolah. Bahasa asing, bermusik dan juga melukis ialah beberapa contoh bidang yang tenaga pengajarnya banyak dibutuhkan. Disamping memiliki pangsa yang luas, bisnis les privat juga tidak membutuhkan modal berjumlah besar.

Pada tahap awal, Anda bisa menjalankan bisnis les privat ini dengan sistem jemput bola yaitu datang langsung ke rumah siswa. Penerapan langkah ini akan membutuhkan sejumlah uang sehingga Anda perlu mengalokasikan dana untuk keperluan transportasi. Setelah bisnis dirasa cukup berkembang, Anda bisa mulai membuka jasa les privat di rumah.

Ketika Anda memutuskan menjadikan rumah sebagai lokasi kantor dan tempat belajar siswa, maka terdapat beberapa aspek yang perlu dipersiapkan. Diantaranya adalah ruang belajar, alat tulis dan buku-buku pelajaran hingga uang untuk menggaji pengajar. Meskipun lebih kompleks dibanding cara pertama, anggaran dana yang Anda butuhkan masih relatif kecil yaitu Rp 1.000.000-Rp 2.000.000.

Bisnis MLM Online

MLM atau Multi Level Marketing merupakan metode bisnis kekinian yang tujuan penggunaannya untuk menghemat biaya pemasaran. Seiring dengan kemajuan teknologi, banyak usaha yang telah mengembangkan metode MLM secara online. Jadi, dengan bergabung di bisnis MLM ini Anda tidak perlu mengeluarkan modal besar.

Bisnis ini juga tak akan menyita waktu dan tenaga Anda karena prosesnya dilakukan secara online. Dengan demikian, pertemuan, follow up calon member dan pembelian barang dengan tatap muka langsung tidak diwajibkan. Tetapi, meskipun bermodal kecil dan berpotensi menghadirkan untung besar, Anda harus berhati-hati. Sebab sekarang ini banyak juga bisnis MLM abal-abal.

Membuka Toko Online

Agar bisa memperoleh income tambahan melalui usaha sampingan, Anda sebenarnya tidak melulu membutuhkan modal besar. Satu contoh bisnis yang cocok mengisi waktu luang, menguntungkan dan bermodal kecil adalah membuka toko online. Jenis bisnis ini pun dianggap berprospek cerah ke depannya karena kebanyakan orang sudah terbiasa bertransaksi online.

Sementara itu, modal yang Anda perlukan guna memulai usaha sampingan ini ialah senilai Rp 300.000. Uang tersebut akan digunakan untuk membeli template yang akan menunjang bisnis toko online Anda. Beberapa produk yang umumnya laris jika dijual secara online yaitu pakaian, tas, celana, sepatu, obat herbal, ebook hingga alat elektronik.

Akan tetapi, jika Anda ingin merintis bisnis sampingan ini tanpa dana sepeser pun, maka bisa menerapkan sistem dropship. Melalui penerapan sistem dropship, Anda akan menjadi pihak ketiga yang menawarkan barang supplier kepada konsumen. Keuntungan yang Anda dapatkan berasal dari harga awal yang ditambahkan ketika dijual ke konsumen.

Desain Grafis

Peluang bisnis modal kecil ini sangat cocok bagi Anda yang mempunyai skill mumpuni dalam mengoperasikan software desain grafis. Agar tidak sepenuhnya bergantung pada gaji bulanan sebagai karyawan, Anda bisa memanfaatkan skill ini. Caranya cukup mudah dimana Anda dapat menawarkan jasa ke teman atau mempostingnya di market place dan sosial media.

Beberapa contoh jasa desain yang banyak dicari customer biasanya adalah untuk pembuatan kartu
nama, logo, baju, booth, poster hingga interior. Selain modal usaha yang terjangkau, pekerjaan ini juga bersifat freelance sehingga Anda tidak perlu pergi ke kantor. Adapun pengeluaran yang dibutuhkan dalam menjalankan usaha ini adalah sebatas untuk menyediakan akses wifi.

Menjual Beragam Kue

Memperoleh penghasilan melalui hobi adalah suatu hal yang sangat bermanfaat bagi Anda. Misalnya, bila Anda gemar dan memiliki keahlian memasak kue, mengapa tidak berpikir untuk menjadikannya sebagai usaha sampingan? Disamping mengisi waktu luang di sore hari sepulang bekerja, dari kegiatan ini Anda juga bisa menambah penghasilan.

Selanjutnya, untuk jenis kue yang dijual, Anda dapat menyesuaikannya dengan selera maupun pesanan konsumen. Biasanya, kue basah yang banyak digemari oleh konsumen adalah brownies kukus, bika ambon, bolu cokelat dan lapis legit. Sementara itu, untuk jenis kue kering, konsumen banyak mencari putri salju, nastar nanas, kukis dan juga walnut.

Modal yang Anda butuhkan untuk merintis usaha ini adalah sekitar Rp 9.000.000-Rp 10.000.000. Uang tersebut dapat Anda alokasikan guna membeli bahan baku, biaya gas serta listrik dan juga air. Kemudian, untuk tempat usahanya Anda bisa menjadikan rumah sendiri sebagai lokasinya. Sistem penjualannya bisa Anda titipkan di warung, menjualnya di kantor atau pun melayani pesanan.

Laundry Kiloan

Usaha sampingan laundry kiloan adalah bisnis bermodal kecil yang cukup menjanjikan di zaman serba praktis seperti sekarang ini. Kunci utama saat Anda berniat menjalankan usaha ini ialah dengan jeli menentukan pangsa pasar. Apabila Anda memutuskan pangsa pasar adalah kalangan mahasiswa, maka carilah lokasi usaha yang berdekatan dengan kampus.

Disamping itu, Anda juga harus mematok harga secara rasional dan kompetitif mengingat saat ini sudah banyak sekali pebisnis laundry kiloan. Kemudian, untuk modal usaha yang Anda perlukan hanyalah sekitar Rp 7.500.000. Uang tersebut akan Anda gunakan untuk membeli mesin cuci, mesin pengering, tabung otomatis, timbangan, plastik, setrika dan gaji pegawai.

Membuka Warung Kopi

Jika Anda mampu menyisihkan pendapatan kurang lebih senilai Rp 10.000.000, membuka warung kopi merupakan bisnis yang menjanjikan. Selain tidak mengganggu waktu kerja karena hanya buka sore hingga malam hari, Anda juga bisa mempekerjakan pegawai. Dengan demikian, aktivitas yang perlu Anda lakukan hanyalah sekedar memantau jalannya operasional warung kopi.

Beberapa perlengkapan yang dibutuhkan untuk menunjang usaha ini diantaranya adalah bangku, kursi, sendok dan gelas. Selain itu, jangan lupa juga bahwa Anda perlu menganggarkan dana untuk menyewa tempat sebagai lokasi usaha. Supaya omset penjualan berpotensi meningkat, sebaiknya bukalah warung kopi di sekitar kampus atau lokasi industri.

Saat menginjak usia dewasa, Anda memang sudah harus memikirkan tentang masa depan. Anda tentu tidak ingin terus menerus bekerja sepanjang hidup apalagi setelah menginjak usia tua nanti. Solusi terbaik bagi Anda guna mempersiapkan masa pensiun yaitu dengan merintis bisnis sampingan sejak dini. Jika bingung, beberapa peluang bisnis modal kecil di atas mungkin bisa menginspirasi.


   

Belum ada Komentar untuk "7 Peluang Bisnis Modal Kecil yang Cocok Untuk Usaha Sampingan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel