iklan atas

Mulai Berjualan Bakso Lengkap Dengan Perhitungan Modal dan Keuntungan

Siapa yang tidak mengenal Bakso, makanan satu ini sudah sangat akrab di lidah orang orang Indonesia dan telah menjadi makanan khas dari Indonesia. Cukup mudah menemukan jualanan Bakso bukan hanya di kota di desa desa kecil dan di setiap pengkolan pasti ada yang jualan bakso. Karena banyaknya penggemar Bakso inilah bisa kalian manfaatkan menjadi peluang usaha yang menghasilkan pundi pundi kekayaan. Bahkan ada pedagang bakso sukses yang mempunyai omset lebih dari 25 juta rupuiah.
sumber gambar tripadvisor.com

Berikut Tips dalam Berjualan Bakso :

     1. Tentukan Target Pembeli

Hal pertama yang kalian harus perhatikan adalah target pembeli kalian, karena dari target pembeli ini lah kita bisa melakukan riset pasar dan mengambil keputusan kita mau jualan bakso apa dan menggunakan apa. Cara melakukan target pembeli sebenarnya cukup mudah kalian bisa mengunjungi tempat tempat keramaian seperti sekolah, pasar, food court ataupun pusat pusat berbelanjaan seperti mall dan lain sebagainya.

     2. Tentukan Mau Jenis Bakso

Setelah kalian melakukan riset pasar dan telah menentukan pembeli kalian menentukan jenis bakso apa yang ingin kalian jual. Karena saat ini banyak sekali Bakso yang di jual seperti bakso jawa, bakso malang, bakso pedas, bakso bakar, bakso beranak dan jenis jenis Bakso yang lain. Untuk setiap tempat biasanya memiliki kecenderungan pembeli bakso yang berbeda beda misal apabila ingin berjualan di pasar buat bakso klasik atau bakso jawa karena banyak orang orang dari berbagai usia dan kalangan yang ingin memakan bakso dan bakso jawa lebih akrab di lidah masyarakat. Selanjunya apabila kalian ingin berjualan di daerah kampus pusat berbelanjaan atau sejenisnya kalian bisa membuat Bakso yang lebih kekinian seperti bakso pedas, bakso beranak, atau bakso bakso kekinian yang populer di kalangan mahasiswa.

     3. Tentukan Branding

Branding sendiri cukup penting di dalam berjualan karena dengan branding yang kuat maka orang orang akan selalu ingat produk kita dan mereka akan membeli kembali apabila mereka suka dengan bakso kita. Kita ambil contoh Bakso President di malang bakso ini sudah cukup populer di kota malang dan hampir di kenal seluruh warga malang karena bakso president memiliki branding yang kuat dan sudah melekat kepada hati penikmatnya. Begitu banyak kekutan branding yang di lakukan bakso president sendiri terdiri dari nama, pemilihan tempat dan menu yang unik dan mudah di ingat.

     4. Melakukan Promosi Dengan Benar

Promosi sendiri bisa kalian lakukan dengan banyak hal seperti sosmed, banner, mulut kemulut dan lain sebagainya. Banyak orang yang menganggap sepele masalah pormosi karena ribet dan tidak tau cara melakukan promosi dengan benar. Memang melakukan promosi memerlukan sedikit waktu dan tambahan uang tapi hasil yang di dapatkan cukup memuaskan. Kita ambil contoh kenapa rumah makan sebesar KFC melakukan promosi di Tv, Radio, Media sosial dan lainya karena mereka bisa mengenal kan produk baru mereka dan mendapatkan keuntungan lebih dari itu. Bagaimana orang orang tau kalian sedang berjualan bakso.? ya mungkin ada orang orang yang tau kalian berjualan bakso tapi belum tentu tau bakso jenis apa yang kalian jual dan berapa harganya dan tempatnya di mana.

     Modal Membuat Bakso 

Apabila kalian sudah mengetahui target pembeli, janis bakso apa yang mau di jual dan branding yang cocok untuk jualan bakso kalian, langkah selanjutnya adalah dengan menyiapkan modal. kalian bisa membuka usaha bakso dengan modal yang kecil dan besar tergantung target pembeli dan jenis bakso apa yang ingin kalian jual.

     Modal berjualan dengan gerobak di pengkolan

1. Gerobak                   = Rp. 2.000.000
2. Bahan Baku             = Rp. 1.000.000
3. Peralatan Makan      = Rp. 1.000.000
4. Peralatan Masak      = Rp. 1.000.000
          Total                   = Rp 5.000.000

Jadi modal yang kalian butuhkan apabila kalian berjualan bakso di pengkolan atau di pinggir jalan sekitar 5.000.000 juta rupiah. harga tersebut tergantung daerah masing masing dan keperluan saat berjualan.

     Modal berjualan di foodcourt

Berjualan di foodcourt lebih menguntungkan dari pada berjualan di pengkolan ataupun pinggir jalan karena lebih ramai pengunjung sehingga bisa menjual bakso lebih banyak. Tetapi untuk modal berjualan di foodcourt sendiri cukup besar karena kita harus menyewa tempat dan menyiapkan peralatan tambahan seperti meja dan kursi. untuk meja dan kursi sendiri sekitar 1 juta rupiah untuk 4 buah kursi dan meja kecil dan biaya sewa bisa 500 ribu - 1 juta setiap bulan tergantung tempat yang di sewa.

     Modal Berjualan di Toko atau Ruko

Kalau kalian mempunyai modal yang cukup besar dan ingin mengembangkan bisnis bakso kalian dengan cekap kalian bisa menyewa ruko sebagai tempat berjualan.

     Rincian modal

1. Sewa Ruko               = Rp 10.000.000 pertahun
2. Etalase Toko             = Rp 5.000.000
3. Peralatan Makan       = Rp. 2.500.000
4. Peralatan Masak        = Rp 2.500.000
5. Bayar Pegawai 5        = Rp 5.000.000
        Total                       = Rp 25.000.000

Jadi modal yang kalian perlukan buat berjualan bakso di di ruko sekitar 25 juta rupiah biaya tersebut relatif berbeda tergantung pemilihan tempat karena semakin ramai tempat tersebut bisa semakin mahal biaya sewa ya.

     Keuntungan 

Biasanya keuntungan dalam berjualan makanan relatif tidak terlalu besar hanya berkisar 20 - 30 % perporsi. Apabila kita berjualan di pengkolan atau pinggir jalan menghabis kan 50 mangkok dan kita jual 10,000 rupiah permasngkok jadi kita mendapatkan untung 2 ribu permangkok jadi satu hari bisa untung 100.000 rupiah
50 * 2.0000 = 100.000 rupiah perhari dan 3.000.000 perbulan dalam waktu kurang dari 2 bulan kalian bisa balik modal dan gerobak dan peralatan menjadi milik sobat.

Apabila kita berjualan dengan sewa tempat maka kita bisa menjual Bakso 70 porsi perhari dengan asumsi bahwa kita menjual bakso harga 10.000 rupiah dan mengambil keuntungan 20-30 % maka dalam satu hari kita akan mengapatkan untuk sekitar 140.000 rupiah.
140.000 * 30 = 4.200.000 perbulan

dan Apabila kita berjualan menggunakan ruko maka keuntungan yang kita dapat lebih besar karena kita menjual bakso dengan sedikit mahal. Apabila kita berjualan Bakso dengan harga 15.000 rupiah dan kita mengambil keuntungan 20 % dan kita bisa menjual 100 mangkok perhari maka kita mendapatkan keuntungan 300.000 perhari dan dalam satu bulan mengapatkan
30 * 300.000 = 9.000.000 juta perbulan


Belum ada Komentar untuk "Mulai Berjualan Bakso Lengkap Dengan Perhitungan Modal dan Keuntungan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel