iklan atas

Inilah Tokoh Santri Yang memperjuangkan Indonesia yang Kini menjadi Pahlawan Nasioal.

Santri adalah seorang pelajar atau orang yang menempuh pendidikan di pesantren. Biasanya mereka menetap selama di pesantren dengan waktu yang berbeda beda ada yang 1 tahun sampai puluhan tahun. Selama menumpuh pendidikan di pesantren para santri di ajarkan nilai nilai agama yang kuat dari akidah sampai fiqih. Selain belajar masalah agama banyak juga para santri yang berjuang di jalan masing masing dalam mengisi kemerdekaan  di Indonesia sampai mereka mendapatkan pahlawan nasional.

Berikut santri- santri yang menjadi pahlawan nasional

1. Kyai Haji Ahmad Dahlan 

Kyai Ahmad Dahlan atau juga Muahamad Darwis adalah sosok pendiri Muhamadiyah dan juga pahlawan nasional. Kyai Admad Dalan memilki nama panggilan kecil bernama Muhamad darwis yang mana beliau mengganti namanya setelah pulang dari mekkah. Kyai Ahmad Dahlan memiliki ayah bernama  K.H. Abu Bakar yang mana K.H Abu Bakar sendiri adalah Iman dan Khatib di Masjid Besar Kesultanan Yogyakarta dan juga keturunan langsung dari Maulana Malik Ibrahim yang juga menjadi pelopor penyebaran islam di indonesia. Selain Aktif sebagai Ulama Kyai Ahmad Dahlan juga seorang organisator dimana dia telah bergabung pada  Jam'iyatul KhairBudi UtomoSyarikat Islam dan Comite Pembela Kanjeng Nabi Muhammad SAW. Dalam jasanya di dalam kemerdekaan indonesia Kyai Ahmad dalam menapatkan gelar pahlawan Nasional yang tertuang pada surat Keputusan Presiden no. 657 tahun 1961.

2. KH Hasyim Asy'ari


Nama KH Hasyim Asy'ri sudah terkenal seantero nusantara dimana beliau adalah salah satu pendiri Nadahtul Ulama, yang sekarang menjadi  organisasi islam terbesar di indonesia bersama dengan Muhamadiyah. Selain itu KH. Hasyim Asy'ri adalah pendiri pondok pesantren tebu ireng yang dimana menjadi pondok pesantren terbesar di jawa pada abad ke 20. KH Hasyim Asy'ari sendiri di nobatkan menjadi pahlawan pada tanggal 17 November 1964.

3. Lafran Pane 

Lafran Pane lahir di Padang Sidempuan5 Februari 1922 dan  meninggalpada tanggal 25 Januari 1991 pada umur 68 tahun.Beliau mempunyai ayah bernama Sutan Pangurabaan Pane termasuk salah seorang pendiri Muhammadiyah di Sipirok pada 1921. Lahir dan tumbuh dari keluarga muhamadiyah lafran pane sendiri bersekolah di pesantren Muhamadiyah SIpirok. Beliau sendiri kuliah di STI(Sekolah Tinggi Islam) Yogyakarta disinilah beliau di perguruan tinggi inilah beliau beserta  14 temanya mendirikan HMI (Himpunan Mahasiswa Islam) yang memilki tujuan mengawal kemerdekaan dan membawa kesejahteraan bagi Indonesia.
Lafran Pane sendiri mendapatkan gelar pahlawan nasional pada tahun 2017 adas dedikasinya di dalam dunia pendidikan

1 Komentar untuk "Inilah Tokoh Santri Yang memperjuangkan Indonesia yang Kini menjadi Pahlawan Nasioal."

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel