iklan atas

Bisnis Modal 100 Ribu Bisa Menjadi Wirausaha Baru

sumber gambar satujam.com

Pernakah kita berpikir seberapa besar uang 100 ribu.? mungkin bagi orang orang uang 100 ribu cuma cukup untuk sekali makan, ada juga untuk sehari bahkan ada yang untuk satu minggu. Dengan uang 100 ribu hanya bisa di gunakan tidak lebih dari 10 hari dengan asumsi 10 ribu perhari.

Bahkan sangat sedikit bagi kita yang mempunyai pengeluaran 10 ribu perhari, bahkan kita bisa menghabiskan 100 ribu perhari ataupun 100 ribu untuk sekali makan. Dari uang yang bahkan tidak memiliki nominal yang besar ini bisa membuat kita untuk mendapatkan keuntungan berkali lipat dari usaha yang di jalankan. Bingung dengan uang 100 ribu bisa bikin usaha apa.?

Berikut contoh usaha bermodalkan 100 ribu.

1. Jualan Pulsa

Mungkin bagi kita yang hidup di jaman mobile ini peran pulsa sudah sedikit di gantikan dengan penggunaan data tetapi masih ada banyak orang orang yang membutuhkan pulsa dalam sehari hari. Bahkan pulsa sendiri bisa dijadikan sebagai alat pembayaran di google play. Selain itu banyak orang orang yang masih tergantung dengan pulsa contohnya ojek online. Mereka sangat membutuhkan pulsa untuk menelpon dan memastikan pesanan pada customer

Estimasi Modal

Modal jualan pulsa sendiri relatif minim karena hanya membutuhkan handphone dan mendaftar menjadi agen penjual pulsa. Menjadi agen penjual pulsa sendiri relatif murah karena hanya cukup membayarkan 50 ribu - 1 juta anda bisa berjualan pulsa.

Esmtimasi Keuntungan

Dengan asumsi bahwa kita memiliki modal 100 ribu untuk mengisi saldo, maka keuntungan yang di dapat apabila dalam 1 hari apabila terdapat 10 transaksi = 10 * 1.500 = 15000 ribu perhari (seluruh keuntungan di pukul rata). Jadi apabila kita bisa mendapatkan 10 transaksi perhari maka kita akan mendapatkan keuntungan 15 ribu rupiah perhari. Apabila kita menjual pulsa dengan stabil maka dalam 1 bulan bisa mendapatkan keuntungan 450 ribu rupiah. Dengan semakin banyaknya keuntungan berjualan kita juga bisa meningkatkan saldo pulsa kita, dimana diawal kita membuat saldo hanya berjumlah 100 ribu di bulan kedua bisa menjadi 500 ribu ( 100.000+ 400.000) kenapa tidak 450.000 ?. karena kemungkinan 50.000 akan terpakai untuk bensin dan lainya. Semakin besar saldo yang kita miliki semakin besar pula transaksi yang kita lakukan dan semakin banyak transaksi maka semakin besar pulsa keuntungan yang di dapat

Tips 

Apabila temen temen ingin terjun kedalam bisnis jual pulsa temen temen bisa menjual atau menawarkan kepada teman, kerabat, tetangga atau teman kantor. Karena mereka biasa bertemu dengan kita dan juga tidak susah bagi kita untuk menawarkan jualan pulsa kita. Tetapi perlu di ingat jangan pernah memberikan utang pulsa apalagi dengan nominal yang besar karena akan menganggu perputaran uang dan bisa mengakibatkan kebangkrutan

2. Jualan Makanan Ringan

Semakin menjamurnya makanan ringan ataupun cemilan bisa kalian manfaatkan menjadi peluang usaha. Karena modal untuk membuat makanan ringan relatif murah bahkan di bawah 100 ribuan. Ada banyak jenis makanan ringan yang populer saat ini contohnya lidi lidian, basreng makroni dan lain sebagainya. Dengan tingkat kepopuleran makanan ringan membuat makanan ringan menjadi salah satu peluang usah yang digemari.

Estimasi Modal

Untuk memulai menjual makanan ringan modal yang paling di butuhkan adalah bahan baku. Kita asumsikan membeli bahan baku menhabiskan dana sekitar 50-70 ribu rupiah, dan bahan bahan yang lain seperti plastik sticker memerlukan biaya 30 ribuan. jadi modal dalam makanan ringan 80 - 100 ribu rupiah.

Estimasi Keuntungan 

Didalam 1  kali produksi kalian menghasilkan 10 produk kalian bisa menjual lagi dengan harga 12- 13 ribu rupiah. Untuk margin keuntungan bisa mendapatkan 20 % dari modal misalkan dengan modal 100 ribu rupiah kita bisa menghasilkan 10 bungkus makanan ringan terus kita menjual lagi dengan harga 12 ribu rupiah maka keuntungan yang akan kita dapat sekitar 20 ribu rupiah setiap produksi.

Tips

Sebelum kalian terjun langsung ke dalam bisnis makanan ringan kalian lebih dahulu melakukan riset pasar dengan bertanya kepada teman teman makanan apa yang sedang trend dan digemari. Setelah kalian sudah menemukan ide untuk makanan ringan kalian selanjutnya lakukan promosi. Promosi bisa di lakukan dari teman ke teman atau bisa melalui sosial media. Untuk sekarang banyak anak muda menyukai makanan ringan yang pedas jadi kalian bisa membuat jajangan ringan memiliki level kepedasan tertentu.

3. Jualan Kopi Keliling

Bagi setiap orang kopi adalah minuman wajib yang harus selalu ada di setiap kegiatan. Dengan jutaan penikmat kopi di indonesia membuat bisnis jualan kopi menjadi sangat populer saat ini di Indonesia, dari barista hotel bintang lima sampai kopi sepeda. Kalian bisa memanfaatkan ini untuk menjual kopi keliling apalagi keuntungan dari jualan kopi cukup besar.

Estimasi modal

Dalam berjualan kopi modal utama adalah air panas, kopi dan gelas. kalian bisa membeli termos untuk menyimpan air panas karena akan lebih efisien dan mudah di bawak kemana mana. Selanjutnya kalian bisa beli kopi sachet dari berbagai jenis kopi supaya lebih farian dan lebih banyak pilihan saat berjualan nanti. Sedangkan cangkir pelastik bisa kalian beli di pasar pasar
Harga termos 50.000 rupiah + Kopi 4 sachet 40.000 rupiah + cangkir plastik 10.000 = maka modal yang di perlukan hanya 100.000 rupiah.

Estimasi Keuntungan

Apabila kita menjual kopi untuk satu gelas sebanyak 3.000 rupiah dan kita bisa menghabiskas 4 sachet kopi atau 40 cangkip kopi sehari maka penghasilan kotor dalam sehari 40 * 3.000 = 120.000 dalam satu hari kita mendapatkan penghasilan kotor sebanyak 120.000. untuk penghasilan bersih 120.000 - 40.000(harga kopi) = 80.000 rupiah jadi kita akan mendapatkan 80.000 rupiah setiap hari maka dalam satu bulan kita akan mendapatkan 80 * 30 = 2.400.000 rupiah dalam satu bulan.
Penghitungan di atas berasumsi apabila gas dan air masih milik sendiri atau orang tua.

Tips

Untuk awal membuka usaha ini memang sangat malu karena kita terjun langsung ke lapangan menawarkan kopi kopi kepada teman teman ataupun orang orang. Tetapi untuk langkah awal kalian bisa mencoba menjualkanya ke teman teman tongkrongan teman kampus atau warga sekitar.

Belum ada Komentar untuk "Bisnis Modal 100 Ribu Bisa Menjadi Wirausaha Baru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel