iklan atas

Tokoh Wanita Dalam Bidang Pendidikan Dunia yang Inspiratif

Jendela dunia bisa terbuka secara lebar dengan adanya pendidikan. Pendidikan menuntun kita untuk meraih masa depan yang cerah. Tak hanya itu, pendidikan juga membuat kita lebih bisa mengasah kemampuan diri, pola pikir, emosional, dan lain sebagainya. Mengingat pentingnya pendidikan, pastikan anda mengetahui tokoh wanita dalam bidang pendidikan di dunia yang paling menginspirasi. Untuk lebih jelasnya, anda simak saja ulasan di bawah ini.
Tokoh Wanita Dalam Bidang Pendidikan

Langsung saja, berikut adalah beberapa tokoh wanita di bidang pendidikan dunia paling inspiratif selengkapnya untuk anda.
Anne Sullivan
Mungkin anda akan lebih familiar dengan nama Helen Keller. Perlu diketahui, Helen Keller ternyata memiliki seorang guru yang bernama Anne Sullivan. Seperti halnya yang dikatakan oleh penulis Mark Twain, Anne Sullivan merupakan pembawa keajaiban. Wanita yang memiliki nama panjang Johanna Mansfield Sullivan Macy ini pernah mengalami trachoma ketika masih berusia 5 tahun. Penyakit ini ialah jenis penyakit mata menular yang membuat mata kiri penderitanya menjadi buta.
Kebutaan yang dialaminya ini tak membuatnya putus asa. Di tahun 1880, Anne Sullivan disekolahkan ke sekolah khusus untuk orang buta. Saat sekolah di Perkins School for the Blind di Boston, Anne Sullivan melakukan beberapa operasi yang menjadikan penglihatannya jauh lebih membaik. Anne Sullivan pun tak pernah lelah untuk belajar bersama dengan sahabatnya, yakni Laura Bridgman. Ia adalah orang tuli dan buta yang menjadi orang berkebutuhan khusus pertama di Perkins. Di tahun 1886, Anne Sullivan lulus pada umur 20 tahun. Ia menjadi lulusan terbaik di Perkins. Anne Sullivan menemani Helen Keller sampai akhir hayat.
Clara Barton
Tokoh wanita dalam bidang pendidikan dunia yang menginspirasi lainnya ialah Clara Barton. Ia menjadi guru semenjak usia dini. Clara Barton ingin berbagi berkah pendidikan. Maka dari itu, Clara Barton membangun sekolah umum di New York. Tak hanya itu, Clara Barton juga membentuk Palang Merah Amerika usai dirinya bisa bekerja dengan Palang Merah Internasional selama terjadinya perang sipil. Clara Barton mengabdikan hidupnya dengan membantu orang lain.
Maria Montessori
Maria Montessori lahir pada tahun 1870 di Itali. Ia merupakan gadis yang sejak kecil sudah mencuri perhatian. Maria Montessori menjadi satu-satunya murid wanita di sekolah khusus laki-laki. Wanita yang unggul dalam sekolahnya ini meraih gelar yang menjadikannya sebagai salah satu dokter wanita pertama di Itali. Dari kecil, Maria Montessori sangat tertarik dengan dunia pendidikan sampai pada akhirnya ia membangun sekolah di Roma yang dinamakan Casa del Bambini. Nama sekolah ini memiliki arti rumah anak-anak. Sekolah Casa del Bambini ini menjadi tempat dimana Maria Montessori mulai mengajarkan teori-teori pendidikannya.
Teori Maria Montessori yang paling utama ialah menekankan bahwa pada dasarnya anak-anak mengajari diri mereka sendiri. Menurut tokoh wanita dalam bidang pendidikan dunia ini, tugas utama guru ialah menciptakan lingkungan yang layak sebagai tempat belajar serta membantu anak-anak agar bisa tumbuh dan berkembang secara alami. Metode yang diajarkan Maria Montessori semakin sukses serta berkembang luas di Itali. Hingga pada akhirnya, metode Maria Montessori menyebar ke seluruh dunia. Maria Montessori pun mengembangkan bahan-bahan ajar tambahan. Hal ini mendukung sistem discovery learning yang sudah ia ciptakan. Maria Montessori pun dikenal sebagai penceramah sekaligus pelatih guru. Ketika Maria Montessori meninggal pada 1952, ia sudah menerima tiga kali nominasi untuk nobel perdamaian.
tokoh wanita dalam bidang pendidikan

Belum ada Komentar untuk "Tokoh Wanita Dalam Bidang Pendidikan Dunia yang Inspiratif"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel