iklan atas

6 Tokoh Dalam Bidang Pendidikan Dunia yang Wajib Diketahui


Tokoh dalam bidang pendidikan dunia penting untuk anda ketahui. Tokoh-tokoh tersebut berhasil membuat dunia pendidikan mengalami perkembangan dan semakin maju. Tak hanya itu, tokoh tersebut juga mampu memotivasi dunia untuk sadar pendidikan. Untuk anda yang mulai penasaran siapa saja tokoh pendidikan dunia tersebut, anda simak saja ulasan lengkapnya di bawah ini.
Tokoh Dalam Bidang Pendidikan Dunia

Tak perlu basa-basi lagi, berikut kami bagikan beberapa tokoh di bidang pendidikan dunia yang inspiratif selengkapnya untuk anda.
1. Al Ghazali
Semenjak kecil, Al Ghazali dikenal dengan kecintaannya terhadap ilmu pengetahuan serta kegigihannya dalam menggali ilmu. Maka tak heran apabila dalam masa usia yang masih anak-anak, Al Ghazali sudah belajar dengan banyak guru di tanah kelahirannya. Al Ghazali mengatakan bahwa konsep pendidikan yang benar ialah dengan mengajarkan secara menyeluruh. Adapun hal tersebut meliputi tujuan pendidikan, kurikulum, metode, etika guru, dan murid.
2. Ki Hajar Dewantara
Usai era kemedekaan, Ki Hajar Dewantara sempat menjabat sebagai Menteri Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan pertama. Namanya pun tak hanya diabadikan sebagai tokoh dan pahlawan pendidikan saja, tokoh dengan julukan bapak Pendidikan Nasional ini juga dijadikan sebagai Pahlawan Pergerakan Nasional. Tepatnya pada tanggal 28 November 1959, hal tersebut melalui surat keputusan Presiden RI No. 305 Tahun 1959. Bahkan tanggal kelahirannya, yakni 2 Mei dijadikan sebagai hari Pendidikan Nasional. Adapun penghargaan lain yang diterimanya ialah gelar Doctor Honoris Causa yang didapat dari Universitas Gajah Mada di tahun 1957.
3. John Locke
Tokoh dalam bidang pendidikan dunia lainnya ialah John Locke. John Locke mendapatkan pendidikan di Universitas Oxford. Ia memperoleh gelar sarjana muda pada tahun 1656. Lanjut, pada tahun 1658, John Locke mendapatkan gelar sarjana penuh. Sebagai seorang remaja, John Locke pun sangat tertarik pada ilmu pengetahuan. Di umur 36 tahun, John Locke terpilih menjadi anggota Royal Society. John Locke pun menegaskan kurikulum haruslah diarahkan untuk menunjang kecerdasan individual, kemampuan, serta keistimewaan anak-anak dalam hal menguasai pengetahuan serta bukan pada pengetahuan yang sering diajarkan dengan hukuman yang dilakukan secara sewenang-wenang.
4. George Kerschensteiner
Georg Kerschensteiner merupakan juara dari sistem sekolah seragam yang terstruktur. Ia mempromosikan pengajaran ilmu pengetahuan dan pendidikan seni. Ia juga berhasil menarik pembentukan karakter siswa di pusat pendidikan sekolah. Hal ini dikarenakan haruslah membentuk prinsip metodologis secara terus-menerus demi perkembangan fisik dan mental dalam pelaporan semua sekolah. Georg Kerschensteiner sangat percaya bahwa pendidikan yang sebenarnya, yang juga pengembangan karakter bisa dicapai melalui pendidikan kejuruan, pendidikan kewarganegaraan dalam berdiri di foreground.
5. Ibnu Sina
Ibnu Sina sangat terkenal dengan pemikirannya sebagai intelektual muslim yang memperoleh banyak gelar. Bagi Ibnu Sina, tujuan pendidikan haruslah diarahkan kepada pengembangan semua potensi yang dimiliki oleh seseorang. Potensi tersebut tak hanya menuju pada perkembangan fisik saja, akan tetapi juga intelektual serta budi pekerti. Tak hanya itu, pendidikan juga harus bisa mempersiapkan seseorang supaya dapat hidup secara bermasyarakat.
6. John Dewey
Tokoh dalam bidang pendidikan dunia lainnya ialah John Dewey. Ia mengadakan penelitian tentang pendidikan di sekolah-sekolah. Ia mencoba untuk menerapkan teori pendidikannya dalam praktik di sekolah-sekolah. Pada akhirnya, ia berhasil meninggalkan pola serta proses pendidikan tradisional yang mengandalkan kemampuan dalam mendengar dan menghafal. Sebagai gantinya, John Dewey menekankan akan pentingnya kreativitas serta keterlibatan siswa dalam hal diskusi dan memecahkan masalah.

Belum ada Komentar untuk "6 Tokoh Dalam Bidang Pendidikan Dunia yang Wajib Diketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel